Categories: Muna Barat

Dongkrak Capaian Pendidikan Numerasi, Pemkab Mubar Gandeng Yayasan Teknologi Indonesia Jaya

Share
Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggandeng Yayasan Teknologi Indonesia Jaya untuk berkolaborasi mendongkrak capaian pendidikan numerasi yang ditandai dengan agenda penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bernomor 01/MOU/YS/YTIJ/VI/2023 yang berlangsung di The Duck King Jakarta pada Kamis (1/6/2023).

Hal tersebut dilaksanakan setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menerbitkan Surat Edaran nomor Nomor 400.1.7/2097/SJ tanggal 6 April 2023 tentang Percepatan Capaian Pendidikan Numerasi Sekolah Dasar (SD) di Daerah.

Dalam percepatan capaian target di sekolah dasar melalui pelatihan peningkatan kompetensi numerasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bersifat gampang, asyik, menyenangkan, efektif dan efisien (Gasing) serta berpusat kepada peserta didik.

Yayasan yang berkedudukan di One Pacific Place Jakarta ini telah dipercaya oleh beberapa daerah di Indonesia dalam melatih guru dan siswa untuk berhitung cepat. Pelajaran berhitung yang kerap menjadi momok diramu menjadi pelajaran yang gampang, asyik, dan menyenangkan.

Pj Bupati Muna Barat Bahri menargetkan angka literasi numerasi di wilayah Mubar dapat meningkat. Seperti diketahui, selama wabah Covid-19 melanda Indonesia maka terjadi pembelajaran daring sehingga nilai numerasi di Mubar menjadi turun.

“Target kita hari ini meningkatkan nilai literasi numerasi,” ucapnya.

Sementara, pimpinan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya Prof. Yohanes Surya mengaku numerasi ini adalah program yang didorong oleh Mendagri. Pihaknya hanya menyiapkan di awal lalu program ini di laksanakan oleh kabupaten itu sendiri.

“Kami hanya menyiapkan guru-guru satu kali pelatihan setelah itu dari guru-guru ini yang akan menyebar ke seluruh kabupaten. Ini bukan project yang terus menerus. Hanya program satu kali setelah itu diharapkan pengembangan oleh Pemda” Sebutnya

Kata dia, Program Numerasi ini sebenarnya sejak 20 tahunan yang lalu tapi sejak 2 tahun yang lalu didorong oleh Menko Maritim dan Investasi.

Prof Yohanes Surya, PhD didorong untuk mengadakan pelatihan di Kabupaten Toba dan sekitarnya. Setelah sukses, Presiden mengumumkan kepada para bupati/walikota seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam program peningkatan numerasi ini. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Komentar