Categories: Konawe

Bupati Konawe Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Terdampak PPKM

Share
Dengarkan

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menyalurkan bantuan beras untuk masyarakat yang terdampak langsung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, Senin (26/7/2021).

Bantuan beras PPKM ini akan diserahkan ke masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang terkena dampak PPKM. Hal tersebut dilakukan melalui mekanisme yaitu cadangan beras pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan dan Menteri Sosial Nomor 22 Tahun 2019.

Launching perdana penyaluran bantuan beras PPKM dilakukan di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Konawe, Kelurahan Tuoy, Kecamatan Unaaha, Sulawesi Tenggara, Senin (26/7/2021).

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe akan membagikan bantuan beras ke masyarakat pada kondisi PPKM dalam usaha memutus mata rantai penularan Covid-19.

Kery mengatakan bahwa di Konawe tidak ada lagi aturan jam yang membatasi kegiatan masyarakat. Akan tetapi masyarakat harus sadar bahwa Covid-19 itu ada dan mematikan. Ia harap agar masyarakat tetap jaga prokes yang ketat.

“Covid-19 ini bukan hanya mematikan manusianya, namun mematikan semua sendi-sendi kehidupan yang ada, contoh ekonomi,” ucapnya.

“Dengan adanya bantuan ini, semoga masyarakat dapat terbantu, terlebih lagi dalam kondisi pandemi saat ini,” tambahnya.

Kery menyebutkan, bantuan beras PPKM berjumlah 217.720 ton. Bantuan beras ini akan didistribusikan ke 29 kecamatan lingkup Kabupaten Konawe dengan rincian KPM PKH 11.866 dan BST sebanyak 9.906 orang.

Kery juga mengatakan bahwa kondisi ekonomi Konawe masih dalam keadaan stabil. Kondisi ini membuat pemerintah pusat selalu memperhatikan Konawe.

Bupati Konawe juga kembali mengingatkan kepada seluruh instansi terkait agar tidak bermain-main dengan bantuan tersebut. Ia juga menegaskan agar bantuan yang disalurkan benar-benar kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya akan meminta kepada Kapolda agar setiap bantuan dapat diawasi langsung oleh polsek di setiap kecamatan supaya bantuan ini tepat pada sasarannya,” tuturnya.

Kery juga mengimbau organisasi perangkat daerah (OPD) agar menyisipkan rezeki untuk membantu masyarakat yang kesusahan karena pandemi ini. Adanya Covid-19, kata Kery bisa meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan kita.

“Mudah-mudahan dengan saling membantu kita bisa keluar dari kondisi pandemi sekarang,” ucap Bupati Konawe.

Usai melaunching pendistribusian bantuan beras PPKM, selanjutnya Bupati Konawe menuju Kecamatan Anggotoa untuk melakukan penyaluran bantuan secara langsung bersama Kapolda Sultra, Irjen Pol. Yan Sultra Indrajaya. (bds*)

 

Reporter: Hiswan Pagala
Editor: J. Saki

Komentar