Categories: Hukum Konawe Selatan

Dapati Pungli ASN, Surunuddin Naik Pitam

Share
Dengarkan

KOLONO, DETIKSULTRA.COM – Emosi Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga tiba-tiba memuncak. Bupati yang terkenal kalem pembawaannya itu, mendadak naik pitam dan mengamuk di pelabuhan Langgapulu, Kecamatan Kolono Timur pada Selasa, (25/12/17)
Hal itu dipicu oleh adanya keterangan sejumlah warga pemilik warung makan di luar area pelabuhan penyeberangan Langgapulu. Mereka setiap bulan menyetor uang retribusi sebesar Rp150.000 ribu kepada oknum pegawai Dinas Perhubungan yang bernaung di bawah Kantor UPT Pelabuhan Penyeberangan Langgapulu, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara.
“Tidak bisa seperti ini, ini wilayah Konsel. Jika warung ini ada di dalam area pelabuhan tidak  ada masalah. Urusan mereka (UPT) mau pungut retribusi. Tetapi areal ini wilayah kami (Pemkab Konsel). Tidak bisa seperti ini, kalau mereka mau, mari kita adu fisik saja,” ujar Surunuddin geram.
Surunuddin langsung memerintahkan salah seorang warga menghubungi pihak kantor UPT pelabuhan penyeberangan Langgapulu, namun hingga 30 menit tak satupun pegawai tersebut yang mau bertemu bupati. Kesal tidak ada oknum pegawai Dinas  Perhubungan UPT pelabuhan penyeberangan Langgapulu yang  mau menemuinya, pasangan Arsalim ini langsung memberi ultimatum kepada para warga pemilik warung untuk tidak lagi memberikan uang retribusi tersebut.
“Januari nanti,  jangan lagi kalian beri uang sewa itu, itu tidak benar,” tegas Surunuddin yang langsung diamini para warga pemilik warung.
Selain itu, Bupati Konsel ini juga menginstruksikan kepada Kapolsek Kolono AKP Yulius, untuk memberikan perhatian khusus atas praktik pungli itu.
“Mohon Pak Kapolsek, dipantau, jika mereka masih minta uang langsung tangkap dan amankan,” ujar Surunuddin.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Ann

Komentar