Categories: Konawe Kepulauan

Pasangan MULYA Siap Dongkrak Pariwisata Konkep

Share
Dengarkan

KONAWE KEPULAUAN, DETIKSULTRA. COM – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memiliki banyak potensi wisata alam yang harusnya dikembangkan maksimal guna menghasilkan sumber PAD.

Pulau Wawonii memiliki beberapa spot wisata alam yang tidak kalah menakjubkan dengan daerah lain di Sultra, bahkan nasional.

Letak geografisnya yang strategis, diantara Laut Banda sebelah timur dan selat Buton di bagian selatan, menjadikan Pulau Wawonii sangat cocok jadi spot pengembangan pulau wisata.

Terlebih lagi Pulau Kelapa itu, memiliki perairan laut yang dilalui jalur pelayaran kawasan timur dan barat serta mempunyai sumber daya keberagaman hayati yang cukup besar.

Spot-spot wisata yang kini sudah menjadi tujuan wisatawan, diantaranya wisata Pasir Putih Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano, juga terdapat Kolam Air Panas Wungkolo, bahkan ada pula Benteng Watuntinapi di bagian Kecamatan Wawonii Utara dan Timur Laut ia membentang.

Sayangnya, potensi wisata yang ada tak terkelola dengan baik. Beberapa spot wisata unggulan Konkep, tidak ditunjang dengan fasilitas infrastruktur memadai buat para pengunjung. Makanya, jumlah pengunjung tiap tahun sedikit.

Melihat beberapa wisata yang tak terkelola dengan baik ini, pasangan Musdar-Ilham Jaya Maal, bertekad mengembangkan seluruh potensi wisata secara maksimal agar wisatawan nyaman dengan merasakan lengkap fasilitas infrastruktur.

Pasangan berakronim MULYA, Ilham Jaya Maal, siap menerapkan skala prioritas dalam pengelolaan di bidang pariwisata.

Bahkan, wisata Benteng Watuntinapi nantinya bakal dijadikan sebagai wisata edukasi, mengingat benteng tersebut sangat unik dengan struktur batu yang terbilang langka.

“Struktur batunya itu sangat unik, berdasarkan hasil penelitian, batunya itu tidak ada di Konawe Kepulauan,” paparnya belum lama ini.

Watuntinapi sendiri kata Ilham, memiliki arti batu yang disusun rapi. Struktur batunya merupakan lempengan batu besar yang tersusun rapi hingga berbentuk benteng di puncak gunung.

“Batunya itu dinapi atau disusun rapi, lempengan batunya sangat lebar, cocok dijadikan sebagai wisata edukasi,” ungkapnya.

Olehnya itu katanya, jika pasangan MULYA nantinya diberi kepercayaan oleh masyarakat Konkep, salah satu prioritas mereka adalah melakukan pengembangan terhadap spot wisata yang ada dan bakal melengkapi segala sesuatu yang berhubungan dengan infrastruktur penunjang.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Komentar