BombanaPemerintahan

Dinas Pariwisata Bombana Bekali Pokdarwis Pemahaman Pengelolaan Destinasi

PLAY

BOMBANA, DETIKSULTRA.COM – Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bombana bekali pengelola destinasi guna untuk meningkatkan sumberdaya dan pemahaman melalui kegiatan workshop.

Dengan adanya pelatihan workshop menurut Kadis Pariwisata, Janariah, perlunya meningkatkan pengetahuan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pemahaman tentang pengembangan pariwisata yang baik dan benar.

Penerapan implementasi sadar wisata dan sapta pesona dalam peningkatan kunjungan wisatawan juga tak kalah penting.

“Perlu dibarengi dengan sumberdaya, juga pembangunan sarana dan prasarananya, jika tidak di barengi peningkatan sumberdaya pengelola, itu sulit. itu yang kita adakan selama dua tahun ini,” ujarnya, Sabtu (10/4/2021).

Salah satunya, wisata Tangkeno yang merupakan ikon pariwisata Bombana di desa tangkeno Kecamatan Kabaena Tengah, yang berjalan di tempat bahkan kemunduran pengunjung di karenakan sarana yang tidak mendukung.

Untuk itu, upaya peningkatan sumberdaya terus dilakukan saat ini, agar tumbuhnya Pokdarwis yang mampu bersinergi bersama pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung pembangunan kepariwisataan di daerah.

“Kenapa kegiatan festival tangkeno di Kabaena seolah hanya dari kita untuk kita, ya karena memang salah satu kendalanya adalah transportasi, dengan adanya kapal Ferry baru ini bisa menjadi peluang untuk pariwisata,” paparnya.

Ia menekankan bahwa pentingnya kesadaran dan rasa ingin memiliki yang tinggi agar bisa membangun kepariwisataan, juga selalu meningkatkan pemahaman diri secara individual tentang kepariwisataan.

“Kita juga harus memahami pembangunan kepariwisataan tidak bisa datang saja dari pemerintah, tetapi penting juga bagi masyarakat agar memahami dan memanfaatkan destinasi itu, manjadi salah satu tempat mencari nafkah,” cetusnya.

Reporter: Arif
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button