Categories: Baubau

Wali Kota Baubau Sesalkan Aksi Vandalisme di Benteng Keraton Wolio

Share
Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menyesalkan aksi vandalisme oknum tak bertanggung jawab pada sejumlah meriam peninggalan sejarah Kesultanan Buton di Benteng Keraton Wolio, Kota Baubau.

Awalnya, aksi vandalisme atau perusakan meriam peninggalan sejarah ini viral di media sosial Facebook dua hari lalu kala pemilik akun Facebook Izzat Mu’jizat memposting foto sejumlah meriam di benteng Keraton Wolio dicoret-coret dengan gambar berbentuk hati.

“Kami sangat sesalkan masih ada generasi yang tidak menghargai leluhurnya dengan melakukan aksi coret-coret pada barang peninggalan leluhur,” ungkap Monianse pada Detiksultra.com, Senin (13/6/2022).

Kata dia, pihaknya sudah memantau kembali kondisi meriam tersebut dan coretannya sudah dibersihkan oleh petugas terkait.

Ia berharap ada warga yang dapat melaporkan pelaku perusakan tersebut. Dengan begitu, pihaknya dapat melakukan tindakan. Minimal, melakukan tindakan edukasi. Apalagi, semua barang peninggalan di benteng Keraton Wolio adalah petunjuk bahwa nenek moyang orang Buton pada masa lampau telah memiliki peradaban.

“Kami juga berharap pada warga, utamanya para pedagang di situ untuk melaporkan pelaku aksi vandalisme ini. Saya sudah sampaikan kadis pariwisata, kalau ada pedagang di wilayah perusakan yang menjadi saksi, namun tidak bertindak untuk mencegah atau melaporkan maka diberhentikan saja dagangannya,” tutupnya. (ads*)

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: J. Saki

Komentar