Categories: Baubau

Pelabuhan Murhum Berlakukan E-Ticketing dan X-Ray, 2019

Share
Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Pelabuhan Murhum Baubau mendapat perhatian lebih dari Dirjen Perhubungan Laut, dengan akan diberlakukannya sinar x (x-ray) dan tiket elektronik (e-ticketing) demi meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

X-ray akan dipasang di ruang tunggu penumpang kapal, yang fungsinya memastikan barang-barang yang masuk di dalam pelabuhan, dijamin keamanannya.

“Kami berharap dengan diterapkannya alat pendeteksian di tempat keluar masuknya penumpang kapal, termasuk barang bawaan penumpang, dapat dipastikan keamanan dan keselamatan para penumpang,” ujar Kepala Syabandar, Subagiyo.

Berikutnya yang menjadi target, adalah peningkatan pelayanan. Syabandar Baubau akan menerapkan pemberlakuan e-ticketing atau pembelian tiket secara daring (online), untuk memudahkan masyarakat ketika membutuhkan tiket.

Subagiyo menambahkan, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan tiket dengan cara daring atau dengan cara mendatangi kounter terdekat saat melakukan pemesanan tiket, dibanding dengan pembelian secara manual.

“Dengan pemberlakuan e-ticketing, kita berharap dapat meningkatkan pelayanan serta memudahkan masyarakat saat membutuhkan tiket dengan cepat. Selain itu, data penumpang yang masuk di operator mudah diketahui,” harapnya.

Perlu diketahui, saat ini pemberlakuan e-ticketing dan x-ray baru tahap simulasi atau percobaan. Adapun pemberlakuannya ditargetkan di tahun 2019 mendatang.

Reporter: Murdin
Editor: Rani

Komentar