Categories: Baubau

Launching Vaksin Booster, Monianse: Ini Adalah Hak Masyarakat

Share
Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota Baubau melakukan lounching (peluncuran) vaksin tahap ketiga, vaksin Booster di Sekretariat Satgas Covid-19, Sabtu (5/2/2022).

Launching vaksin booster yang dilakukan Pemkot Baubau ini menyusul launching vaksin booster yang dimulai secara nasional pada 12 Januari 2022 yang lalu.

Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menjelaskan, peluncuran vaksin booster ini dilakukan untuk mengantisipasi kekebalan tubuh masyarakat menurun bagi mereka yang sudah melakukan vaksin kedua dalam kurun waktu enam bulan.

Apalagi, lanjut Monianse, mengingat varian baru Covid-19 seperti varian Omikron yang menjadi ancaman baru masyarakat Indonesia, khususnya Kota Baubau. Oleh karena, Pemerintah harus mendorong masyarakat untuk tetap melakukan penguatan imunitas untuk menghadapi Covid-19 varian baru ini.

“Banyak orang pasti bertanya, untuk apa lagi vaksin tahap tiga ini. Kan, vaksin pertama dan kedua kita sudah mencapai 70 persen. Namun hal itu saja belum cukup, sebab pasca vaksin enam bulan, kekebalan kita dari Covid-19 akan menurun,” beber Monianse.

Vaksin pertama dan kedua, lanjut Ia, telah mendapat respon yang sangat baik oleh masyarakat Kota Baubau. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan juga dapat sukarela untuk melakukan vaksin booster ini.

“Vaksin Ini bukan lagi kewajiban, tapi hak yg harus diperoleh oleh setiap masyarakat. Ketika haknya tidak terpenuhi, masyarakat boleh menuntut jika belum mendapat kesempatan vaksin. Pemerintah akan selalu siap di seluruh tempat pelayanan kesehatan untuk memberikan hak masyarakat,” tutupnya.

 

Reporter: M6
Editor: Via

Komentar