Categories: Baubau

Kembali ke Masyarakat, Bapas Baubau Genjot Klien Buka Lapangan Kerja

Share
Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Bapas Kelas II Baubau rutin memberikan pelatihan keterampilan kerja bagi para klien Bapas. Pelatihan ini dilaksanakan agar para klien dapat membuka lapangan kerja ketika kembali dalam masyarakat.

Untuk diketahui, klien Bapas Baubau saat telah berjumlah 468 orang. Jumlah klien didominasi di wilayah Kota Baubau. Wilayah kerja Bapas Baubau sendiri berada di delapan Kabupaten dan satu Kota di Sulawesi Tenggara.

Kepala Bapas kelas II Baubau, Sri Maryani menjelaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan komunitas, pekerja, dan instansi pemerintahan untuk melaksanakan pelatihan keterampilan kerja pada para klien Bapas.

Kata dia, pelatihan ini dapat membuat para klien bisa mandiri dan membuka lapangan kerja sendiri pasca kembali ke masyarakat. Dengan begitu, alasan ekonomi tidak menjadi alasan utama bagi mereka untuk mengulang tindakan kejahatan yang pernah mereka lakukan.

“Kami melihat, karakter klien kami ini menginginkan pekerjaan yang cepat menghasilkan uang. Seperti tukang cukur, ojek, penjual ikan, nelayan dan sejenisnya,” kata dia, Senin (25/7/2022).

Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberikan pelatihan cukur rambut bagi para klien. Hal ini sesuai dengan karakter klien yang ingin pekerjaan yang langsung mendapatkan uang.

Selain keterampilan cukur, Bapas Baubau juga telah rutin melaksanakan pelatihan keterampilan kerja lainnya. Mulai dari kerja bengkel, pembuatan ayam geprek, hidroponik, dan sablon. (bds)

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: Wulan Subagiantoro

Komentar