Categories: Baubau

HMI Kecam Tindakan Militan China atas Muslim Uighur

Share
Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Puluhan massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Baubau mengutuk keras tindakan militan China terhadap minoritas muslim Uighur.

Dalam aksi unjuk rasa HMI Baubau, Rabu (19/12/2018), Koordinator Lapangan (Korlap), Erwin, menyatakan, kegiatan yang mereka lakukan ini merupakan instruksi langsung dari pengurus besar HMI pusat. Aksi nasional ini dilakukan untuk merespon tindakan biadab yang dilakukan oleh militan China terhadap muslim Uighur.

“Kami secara keseluruhan turun ke jalan mengecam tindakan biadab yang dilakukan oleh militan terhadap saudara-saudara kami yang berada di Uighur. Tentu ini merupakan perbuatan pelanggaran HAM berat,” terangnya.

Dalam aksi tersebut, massa mengeluarkan beberapa tuntutan yang disampaikan oleh Erwin, Ketua HMI Kota Baubau.

“Sebagai tuntutan kami, karena ini merupakan tindakan pelanggaran HAM berat, maka kami menyerukan kepada pemerintah pusat dalam hal ini menteri luar negeri melalui Dubes China untuk mengingatkan pemerintah China agar mengakhiri pembantaian terhadap muslim Uighur,” tegasnya.

Aksi yang diikuti kurang lebih 50 massa ini melanjutkan aksinya sambil long march mulai dari kampus Unidayan, Universitas Muhammadiyah dan diakhiri di Bundaran Tugu Kirab Baubau.

Reporter: Murdin
Editor: Rani

Komentar