Categories: Baubau

BPCB Minta Pengunjung Jaga Kebersihan Benteng Keraton Baubau

Share
Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan unit Buton meminta pedagang dan pengunjung untuk menjaga kebersihan Benteng Keraton, Kota Baubau dari sampah jajanan.

Koordinator BPCB Sulawesi Selatan unit Buton, Rakhmad Suparman menjelaskan, terkait pemeliharaan dan kebersihan benteng keraton telah dirapatkan dengan pihak pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. BPCB meminta Pemkot Baubau untuk menata pedagang, agar tidak menimbulkan suasana yang semrawut di benteng Keraton.

“Tidak jarang, pengunjung yg datang cuma tahu menghambur bungkusan jajanan yang dibawa. Pembuatan gazebo hanya menjadi tempat menyimpan sampah-sampah pengunjung,” tegas Rakhmad di kediamannya, Jumat (10/12/2021).

Ujung-ujungnya, Rakhmad menuturkan, anggota BPCB hanya menjadi tukang kebersihan bagi pengunjung yang menyimpan sampah di benteng Keraton.

“Lucunya, meski di setiap lokasi sudah ada tempat sampahnya, pengunjung masih saja membuang sampahnya di sembarang tempat,” bebernya.

Oleh sebab itu, Ia mengingatkan para penjual dan pengunjung untuk menjaga kebersihan benteng keraton.

“BPCB, Pemerintah Kota, pedagang, pengunjung dan masyarakat harus bekerjasama dalam meningkatkan kesadaran akan kebersihan benteng keraton,” tutupnya.

 

Reporter: M6
Editor: Via

Komentar