Categories: Baubau

2022, Keberangkatan Jamaah Haji di Baubau Belum Pasti

Share
Dengarkan

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Jamaah haji Kota Baubau belum memiliki kepastian untuk keberangkatan haji tahun 2022. Pasalnya, hingga hari ini Kemenag belum mengantongi keputusan Presiden terkait keberangkatan haji 2022.

Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau melalui JFU seksi PHU, La Wai menjelaskan, pihaknya belum bisa menjanjikan kapan keberangkatan jamaah haji Kota Baubau. Sebab, hingga hari ini pihaknya sedang menunggu keputusan Presiden yang disetujui oleh DPR RI.

“Untuk Kemenag Baubau ataupun Kanwil Sulawesi Tenggara menunggu keputusan Presiden yang disetujui oleh DPR. Setelahnya akan terbit keputusan menteri Agama. Kemudian, diikuti Juknis dari penyelenggara haji dan Umrah,” ungkap La Wai, Kamis (9/3/2022).

Jika putusan keberangkatan haji sudah jelas, lanjut Ia, maka jamaah yang berangkat adalah mereka yang keberangkatannya tertunda dua tahun lalu karena pandemi.

“Kalau seandainya ada keberangkatan haji, maka yang berangkat tahun ini adalah jamaah haji dua tahun lalu yang tertunda. Kurang lebih jumlah mereka dua tahun lalu ada 170 orang,” ungkapnya.

Kendati begitu, kata Ia, pihaknya masih menunggu keputusan Presiden. Sebab, waktu keberangkatan dan jumlah jamaah yang akan diberangkatkan dari tiap daerah akan mengikuti Juknis yang akan dikeluarkan.

“Pun Kalau jadi keberangkatan, kita belum tau, berapa yang akan diberangkatkan. Bisa jadi 100 persen, 50 persen, atau hanya 30 persen saja,” tutupnya.

Reporter: M6
Editor: Via

Komentar