oleh

Antre Legalisir di Jendela, Pelamar CPNS Rela Berdiri Berjam-jam

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sembilan hari pasca pembukaan pendaftaran seleksi cpns, kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari diserbu pengunjung. Mereka mengantre berjam-jam untuk mengurus legalisir dokumen kartu keluarga dan KTP. Karena padatnya, pengunjung berdesakan di jendela yang dibuka khusus untuk pelayanan legalisir dokumen.

Agus, salah satu pendaftar seleksi CPNS, mengaku terpaksa mengantre lama di dukcapil untuk pengesahan KK. Ini dilakukan agar dirinya bisa segera mengurus pendaftaran seleksi CPNS yang berakhir Oktober ini.

Banyaknya​ dokumen yang dilegalisir, membuat Agus dan pengunjung lainnya harus bersabar.

“Saya ngantri berjam-jam tapi belum dipanggil namaku. Padahal sudah masukkan dari jam 8 tadi. Lambat karena berkas menumpuk,” ujar Agus di sela-sela antreannya.

Kepala Bidang Pengembangan Informasi Disdukcapil Kota Kendari, Abdul Hamid menyatakan, kepadatan pengunjung sudah terjadi sekitar dua minggu. Mereka umumnya melakukan pengesahan atau legalisir dokumen seperti KK dan KTP.

Selain dipadati pengunjung yang datang melegalisir, Disdukcapil juga dipadati mereka yang memasukkan persyaratan permohonan KTP-El.

Abdul Hamid memastikan, padatnya legalisir dokumen tidak menghambat pengurusan dokumen lain, seperti perekaman KTP, pembuatan akta kelahiran, penerbitan kartu keluarga, dan pengurusan ulang KTP yang hilang.

“Ya resikonya harus bersabar, dua minggu ini setiap hari ada ratusan pengunjung datang legalisir jadi antri. Kebanyakan melegalisir KK dan KTP untuk pendaftaran CPNS. Tapi kami pastikan itu tidak menggangu pelayanan dokumen lainnya, jadi tetap berjalan normal. Resikonya kita pulang agak lebih sore dari biasanya,” ujar Abdul Hamid di ruang kerjanya (3/10/2018).

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pengadaan Informasi Kepegawaian Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Kendari, Rukmana menyatakan,
sesuai petunjuk pusat, untuk tahapan pendaftaran seleksi CPNS dimulai 26 September sampai 10 Oktober.

Pendaftaran atau registrasi dilaksanakan secara online ke alamat website portal SSCN http://bkn.go.id. Selain mendaftat online, pelamar juga menyampaikan berkas pendaftaran ke panitia melalui pos Indonesia.

Untuk pelayanan berkas, BKPSDM Kendari mengoptimalkan kinerja 68 pegawainya agar proses penerimaan CPNS berjalan lancar.

“Yah tetap harus melalui kami berkas berkasnya. Seluruh berkas dokumen pendaftar dikirim pihak pos ke kita. Peserta yang lolos berkas akan kami kembalikan ke alamt mereka lengkap nomor tes online. Rencananya tes kita lakukan di kantor BKN di tipulu, eks kantor Dishub Sultra dulu,” tutupnya.

Reporter: Dahlan
Editor: Ann

Komentar

News Update