KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dalam ajang pemilihan Tunas Bahasa Tolaki 2020 nantinya, Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara terus berupayah melestarikan bahasa daerah.

Tunas Bahasa Tolaki merupakan salah satu upaya revitalisasi bahasa daerah oleh pelajar SMA/SMK/sederajat. Duta Tunas Bahasa Tolaki nantinya akan mengemban misi untuk merevitalisasi bahasa daerah. Kegiatan Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara pada tahun 2020 ini.

Ketua Panitia penyelenggara Mivta Huzaena, mengungkapkan sebagai kegiatan perdana, kegiatan difokuskan pada salah satu bahasa lebih dahulu yakni bahasa Tolaki yang dipilih dengan pertimbangan sebagai salah satu bahasa yang memiliki jumlah penutur cukup besar di Sulawesi Tenggara.

“Apabila kegiatan perdana ini mendapat doa restu dan dukungan yang baik dari berbagai pihak, tentunya kegiatan ini akan menjadi penyemangat tersendiri bagi kami untuk mengadakan kegiatan serupa yang lebih representatif ke depannya”, ujarnya Selasa (21/1/2020).

Baca Juga  Masyhur Masie Abubawas Kembali Memimpin LAT Sultra 2020-2025

Lanjutnya, sebagai langka untuk bisa dilakukan pada bahasa-bahasa daerah yang lain, ide diadakan pemilihan tunas bahasa Tolaki ini karena eksistensi bahasa daerah mulai meredup, terutama dikalangan anak muda yang cenderung lebih merasa lebih bangga ketika menggunakan bahasa indonesia atau bahasa asing.

Langka untuk pendaftaran pemilihan Tunas Bahasa, dimulai pada tanggal 8 Januari-7 Februari 2020. Pengumuman seleksi berkas pada tanggal 10 Februari 2020, selanjutnya di tanggal 12-14 Februari akan ada tahapan wawancara. 40 finalis yang terpilih akan diumumkan pada tanggal 15 Februari 2020, kemudian di tanggal 17 Februari 2020 akan ada taklimat (rapat teknis), dan ditahap akhir akan ada Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki pada tanggal 19-21 Febriari 2020.

Baca Juga  Mengenal Prosesi Mombesara Melalui Pelatihan Lembaga Adat Tolaki

Peserta yang ingin mengikuti jang ini harus memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Warga negara Indonesia yang berdomisili di Wilayah Sulawesi Tenggara
  2. Tengah menempuh pendidikan di SMA/SMK/Sederajat
    3.Berasal dari suku Tolaki (salah satu atau kedua orang tua Tolaki), serta memiliki pengetahuan terkait budaya Tolaki
  3. Mampu berbahasa Indonesia
  4. Berpenampilan menarik

Peserta melampirkan berkas :

  1. Biodata Peserta
  2. Foto seluruh badan berpakaian sekolah ukuran 3R
  3. Surat keterangan sekolah
  4. Esai kegiatan kebahasaan dan kesastraan yang diketik dalam bahasa Tolaki dan diterjehmahkan dalam bahasa Indonesia

Seluruh berkas dapat diunduh dan diunggah melalui https://kantorbahasasultra.kemdikbud.go.id/agenda-revitalisasi-bahasa-pemilihan-tunas-bahasa-tolaki.html.

Reporter: M1
Editor: Qs

Beri Tanggapan Anda !

SANGANT MENARIK
0
MENARIK
0
TIDAK MENARIK
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Budaya