Metro Kendari

Dinsos Sultra Perkuat Pilar Sosial Guna Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus memperkuat potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) atau biasa disebut pilar-pilar sosial guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kadinsos Sultra Pahri Yamsul mengatakan, dalam rangka memperkuat pilar sosial tersebut pihaknya melaksanakan kegiatan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial Tahun 2023 di salah satu hotel.

“Pilar sosial ini merupakan elemen penting dalam rangka penyelenggaraan kesejahteraan sosial sehingga perlunya keterpaduan dan sinergi dari para pelaku penyelenggara kesejahteraan sosial,” katanya, Kamis (13/4/2023).

Lebih lanjut, pelaku penyelenggara tersebut merupakan mitra pemerintah terdiri dari pekerja sosial profesional, pekerja sosial masyarakat, relawan sosial, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan.

Selanjutnya ada karang taruna, lembaga kesejahteraan sosial/organisasi sosial, forum tanggung jawab sosial dan lingkungan badan usaha, taruna siaga bencana, dan lainnya.

“Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan sebuah upaya pemerintah dalam mewujudkan sinergi, koordinasi, keterpaduan dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan peran antar PSKS melalui jejaring kerja dengan pilar-pilar sosial lainnya,” kata Pahri.

Tambahnya, selain peningkatan kemampuan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun komunikasi dan jejaring kerja antar sesama pilar-pilar sosial.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan yang hadir dari unsur pekerja sosial masyarakat mengatakan, kegiatan ini penting untuk menyamakan persepsi.

Tidak hanya itu katanya, peningkatan pilar sosial ini menjadi wadah untuk berbagi informasi terkait kegiatan-kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Dalam kesempatan tersebut juga kami menyampaikan beberapa masukan terkait dengan program program kegiatan sosial,” tutupnya.

Untuk diketahui, Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) adalah perseorangan, keluarga, kelompok dan/ atau masyarakat yang dapat berperan serta dalam mendukung, menjaga, menciptakan dan memperkuat penyelenggaraan kesejahteraan sosial. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button