Metro Kendari

Dinkes Kendari Beri Pengobatan Khusus bagi 200 Penderita HIV-AIDS

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari memberi pengobatan khusus bagi 200 penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kendari.

Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Kendari Ellfi mengatakan, 200 kasus tersebut merupakan jumlah penambahan dari bulan sebelumnya yakni Agustus sebanyak 171 kasus.

“Jadi ada penambahan sebanyak 29 kasus baru untuk September ini,” ujar Ellfi saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (30/11/2022).

Tentunya dengan jumlah ratusan kasus tersebut, pihaknya terus melakukan upaya salah satu dengan melakukan pengobatan khusus. Dikatakan pengobatan khusus ini seperti rutin melakukan skrining atau tes sampel darah selama satu kali untuk tiga bulan dan konseling.

“Sebelum melakukan skrining, kami melakukan pendekatan khusus terlebih dahulu kepada penderita penyakit HIV-AIDS dengan memberikan pendampingan, konseling dan motivasi pengobatan,” ucapnya.

Lanjutnya, ia mengungkapkan, pihaknya terus meningkatkan kolaborasi dengan pegawai di lapangan yang memang bidang kerjanya di pencegahan dan pengendalian penyakit.

“Harapannya, misalkan mereka datang sendiri ke pusat layanan kesehatan untuk skrining maka penemuan kasusnya juga dapat lebih kita tingkatkan, deteksi dininya juga kita tingkatkan, karena apabila mereka datang ke layanan bukan hanya skrining mereka bakal dapat tetapi juga konseling sehingga penderita mau terbuka terkait penyakit yang dialaminya,” terangnya.

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button