Muna Barat

Minyak Goreng Masih Langka dan Mahal di Muna Barat, Dewan Desak Ada Operasi Pasar

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Warga di Kabupaten Muna Barat masih diresahkan dengan langkanya minyak goreng. Stok yang ada harganya relatif mahal.

Para ibu rumah tangga pun harus merogoh kantong lebih banyak untuk mendapatkan minyak goreng.

Keresahan masyarakat ini pun ditanggapi Ketua Komisi II DPRD Mubar, Alibadin Fiihi. Ia mengatakan pihaknya akan mendorong pemerintah kabupaten melakukan operasi pasar guna meringankan beban masyarakat.

“Alhamdulillah, pemkab melalui disperindag sudah ada rencana gelar pasar murah untuk mengatasi langkanya minyak goreng,” katanya saat reses, Sabtu(19/3/2022).

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong pemerintah daerah untuk melakukan operasi toko/kios sebab untuk mengantisipasi penimbunan minyak goreng.

Pihaknya menegaskan para masyarakat agar tidak melakukan penimbunan terhadap minyak goreng di tengah kelangkaan minyak goreng saat ini, mengingat kelangkaan itu berimbas pada harga yang melambung tinggi.

“Kami akan terus berupaya mendorong pemerintah daerah agar operasi pasar, toko, dan kios di masyarakat segera dilakukan dan kami berharap tidak ada penimbunan,” harapnya.

Ia menambahkan bahwa persoalan naiknya harga minyak goreng, tak bisa mengintervensi pedagang sebab Pemkab Mubar belum memiliki payung hukum sesuai dengan mekanisme pasar sebagai penegakan peraturan daerah.

“Soal harga minyak ini kita selalu mengikuti alur pasar, kita tidak bisa bendung kecuali pemerintah,” terangnya.

Mantan Kadis Pertanian Mubar itu inginkan agar masyarakat tak tergantung dengan minyak kemasan buatan pabrik.

Masyarakat Mubar, katanya, bisa memanfaatkan kelapa untuk membuat minyak meski prosesnya dikerjakan secara manual.

“Kami harap kepada masyarakat agar tidak terikat dengan itu, kita punya budaya dan tradisi secara mandiri,hasil alam buah kelapa kita melimpah makanya setiap saya berkunjung ke masyarakat saya selalu sarankan agar membuat minyak sendiri contohnya seperti di desa kasakamu mereka gotong royong buat minyak dan hasilnya Alhamdulillah,selain hemat juga menyehatkan kan,” tutupnya.

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button