Metro Kendari

Fokus Pasca Banjir Konawe Utara, Ruksamin Enggan Pikirkan Pilkada

Dengarkan

KONAWE UTARA, DETIKSULTRA.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ditujuh kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), baru akan bergulir pada September 2019. Meski demikian, Pilkada sudah ramai diperbincangkan oleh masyarakat bumi anoa.

Bahkan, para kandidat pun berlomba-lomba berbicara di media massa soal pencalonan mereka dikontestasi Pilkada 2020 mendatang. Namun tidak demikian dengan Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin.

Ruksamin, malah menolak berkomentar masalah keikutsertaan dia di Pemilihan Bapati (Pilbub) Konut. Kepada Detiksultra.com, saat dihubungi melalui via seluler, Selasa (16/7/2019), Ruksamin menegaskan, bahwa dirinya belum terpikirkan pilkada dan masih fokus pemulihan banjir untuk warganya.

[artikel number=3 tag=”pilkada,konut”]

“Intinya saya tak mau pikirkan soal itu dulu. Saya masih fokus terhadap pemulihan pasca banjir di Konut,” kata dia.

Lebih lanjut, Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra ini memaparkan, saat ini proses pembersihan pasca banjir di Konut sudah mencapai 76 persen.

“Berdasarkan laporan yang saya terima pembersihan sudah 76 persen. Jadi saya tegaskan pemulihan di Konut hanya bagian terkecil tetapi tugas dan kewajiban tetap saya laksanakan hingga akhir masa jabatan,” bebernya.

Dalam proses transisi pemulihan tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Konut menggandeng TNI – Polri. Sementara Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda Konut diberikan tugas untuk melakukan pembenahan di desa – desa yang terdampak banjir.

“Di 17 Agustus nanti tidak ada kegiatan olahraga maupun seni tetapi saya ganti dengan lomba pembenahan dan pembersihan desa yang terkena dampak banjir,” cetusnya.

“Saya minta warga juga terlibat semua, termasuk desa – desa yang tidak terkena dampak banjir untuk membantu,” tambahnya.

Meski sudah mencapai 76 persen pembersihan, Ruksamin mengaku dilapangan pihaknya masih kekurangan peralatan maupun tenaga.

“Semua kurang alat dan tenaga juga kurang. Tetapi kalau kita berdasarkan dengan kekurangan itu kapan kita akan kerja. Justru kekurangan itu kita isi dengan semangat. Jadi kendala hari ini bukan menjadi masalah buat kami, tapi itu adalah pendorong,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button