kesbangpol sultra   kesbangpol sultra
Politik

Kampanye di Muna Barat, Ruksamin Tawarkan Beasiswa Gratis dan Bantuan Rp500 Juta Per Desa

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Pasangan calon Gubernur Sultra, Ruksamin bersama calon wakil gubernur La Ode Muhammad Sjafei Kahar, melakukan kampanye dialogis dan pengukuhan ratusan tim pemenangan dengan tagline “Harus Selaras” yang berlangsung  di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah, Rabu (23/10/2024).

Dari pantauan media ini, Ruksamin dan Sjafei Kahar tiba di lokasi kampanye sekitar pukul 15.30 Wita bersama rombongan. Ratusan warga terlihat antusias. Kedatangannya pun disambut dengan tarian seni kuda lumping oleh Paguyuban Anak Relawan Trans Muna Barat.

Melalui kesempatan tersebut, Ruksamin menyampaikan sejumlah program prioritas unggulan serta visi-misinya jika masyarakat Sultra memberikan kepercayaan terhadapnya. Program tersebut yakni beasiswa gratis bagi mahasiswa-mahasiswi serta anggaran Rp500 juta per desa di wilayah Sultra khususnya di Muna Barat.

Program beasiswa gratis ini di prioritaskan bagi keluarga yang tidak mampu. Hal ini pun ia sudah terapkan sewaktu ia menjabat sebagai Bupati Konawe Utara selama dua periode. Bahkan, saat ini tercatat sebanyak 2.222 mahasiswa yang kuliah melalui program beasiswa tersebut hingga sepuluh mahasiswa berhasil meraih gelar doktor di China.

“Saya memahami kondisi saudara-saudara kita di tengah himpitan ekonomi dalam menanggung biaya kuliah anak-anaknya. Makanya kami akan menerapkan program beasiswa gratis bagi mahasiswa di Sultra,” jelasnya.

Selain itu, ia juga akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 juta per desa di wilayah Sultra. Sumber anggarannya dari APBD Provinsi Sultra sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 pasal 72 ayat c bahwa sumber keuangan dana desa berasal dari APBD yang akan digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat termasuk UMKM. Hal ini sejalan dengan salah satu dari empat misi presiden RI, Prabowo Subianto, pasca dilantik yakni swasembada pangan dan energi untuk Sultra sebagai pusat energi dunia.

“Inilah salah satu program dan cita-cita besar Bapak Prabowo adalah membangun dari desa dan dari bawah untuk mengentaskan kemiskinan. Makanya kami akan siapkan 500 juta per desa se-provinsi Sultra,” terangnya.

Selain itu, pasangan calon Gubernur nomor urut satu ini juga menjanjikan BPJS kesehatan gratis yang disiapkan oleh pemerintah, juga helikopter untuk ambulance udara untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan yang lebih efisien.

“Kalau ada warga Muna Barat dalam keadaan sakit dan kondisi darurat lalu akan dirujuk di Kendari maka lebih cepat mendapatkan pertolongan, dan itu gratis,” sebutnya

Tak hanya itu, Ruksamin juga ia akan menyiapkan laptop untuk para guru di tingkat SD hingga SMA. Apalagi saat ini telah memasuki era digitalisasi.

Untuk itu, ia meminta doa dan dukungannya kepada seluruh warga Muna Barat untuk memenangkan pesta demokrasi ini sebagai gubernur Sultra periode 2025-2030 yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang. (cds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button