Politik

Temui Warga Wawowanggu, AJP-ASLI Komitmen Tuntaskan Masalah Lapangan Pekerjaan hingga Air Bersih

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra-Andi Sulolipu (AJP-ASLI) temui masyarakat Kelurahan Wawowanggu, Kecamatan Wuawua, Senin (14/10/2024) sore tadi.

Kedatangan AJP-ASLI tidak lain untuk menyosialisasikan 20 program unggulan mereka, yang nantinya dijalankan ketika terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari periode 2025-2030.

Dari sosialisasi tersebut, tak sedikit warga yang ditemui dari rumah ke rumah, mengeluhkan sejumlah masalah yang terjadi di Kota Kendari, misal kurangnya lapangan pekerjaan, bantuan pendidikan, bantuan modal pelaku usaha hingga air bersih.

Menjawab keluhan masyarakat AJP-ASLI berkomitmen akan menyelesaikan semua masalah, dan apa yang menjadi keinginan masyarakat, utamanya terkait lapangan pekerjaan.

Menurut AJP, terkait lapangan pekerjaan, sudah menjadi prioritas utama mereka, menyiapkan lapangan pekerjaan baik dari sisi pemerintahan maupun swasta, dan ia pastikan tak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan minimnya lapangan kerja.

Sedangkan masalah air bersih, politisi Partai Golkar ini ke depan akan melakukan revitalisasi terhadap pembaruan dan pengelolaan perusahaan daerah air minum (PDAM).

“Bapak ibu tidak perlu ragu, kedepan air bersih kita sudah canangkan untuk merevitalisasi secara penuh, bahkan saya sudah mendapat investor yang nantinya akan berinvestasi di sektor penyediaan air bersih,” katanya.

Terkait modal usaha, ia mempunyai dua cara jitu pemberian modal, pertama memberikan dana hibah sebagai bantuan modal usaha para pelaku UMKM, namun tergantung postur APBD. Kedua, pengambilan dana kredit usaha rakyat (KUR) tanpa jaminan. Pelaku usaha tinggal mengajukan dan menyelesaikan administrasinya, soal jaminan AJP akan menjaminkan dirinya di perbankan.

“Bagi pelaku usaha yang ingin mengambil KUR, saya jadi jaminan. Saya sudah ada komunikasi dengan beberapa perbankan,” katanya.

Terakhir, mengenai bantuan pendidikan, masyarakat yang ingin anaknya lanjut di perguruan tinggi, namun terkendala biaya, AJP-ASLI telah siapakan yang namanya program peningkatan sumber daya manusia.

“Kita sudah siapkan bantuan pendidikan bagi pelajar/mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Ini kita lakukan untuk meningkatkan SDM daerah kita,” tukasnya. (*)

 

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button