Muna Barat

Kerap Terjadi Kasus Kekerasan Terhadap Anak, Polsek Tiworo Tengah Muna Barat Beri Edukasi pada Pelajar

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Kepolisian Sektor (Polsek) Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat memberikan edukasi terhadap para pelajar tingkat SD, SMP maupun SMA. Sosialisasi tersebut berlangsung di SMAN 1 Tiworo Tengah, Senin (7/10/2024).

Kapolres Muna AKBP Indra Sandy Purnama Sakti melalui Kapolsek Tiworo Tengah, Ipda Muhammad Saleh mengatakan, edukasi yang dilakukan karena akhir-akhir ini kerap terjadi kekerasan terhadap anak terutama di bawah umur, bahkan kasus tersebut kian meningkat khususnya di wilayah Tiworo Tengah.

Menurutnya, kondisi seperti ini akan mempengaruhi situasi kamtibmas baik secara umum maupun secara khusus di berbagai sekolah.

“Tentunya dengan kondisi kamtibmas yang tidak kondusif ini maka segala aktivitas baik di lingkungan masyarakat, maupun sekolah tidak akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Pihaknya mencatat, pada 2024 kasus kekerasan terhadap anak sebanyak 9 kasus,  KDRT berjumlah 11 kasus, kemudian kasus kekerasan seksual/cabul terdapat 12 kasus.

Mantan Kapolsek Basala Kabupaten Konawe Selatan ini mengaku Kabupaten Muna dan Muna Barat merupakan daerah penyumbang kasus kekerasan terhadap anak dan KDRT di Sultra.

Olehnya itu, ia mengajak agar bersama-sama menjaga keamanan dengan cara tidak melakukan kekerasan kepada siapapun, tidak melakukan tindakan perundungan/ bullying, tidak tawuran, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan tidak melakukan seks bebas dan menerapkan budaya peduli lingkungan masing-masing.

“Kalau pelajar atau masyarakat menemukan tindak kekerasan atau perilaku yang mengganggu Kamtibmas agar segera di laporkan kepada pihak kepolisian, guru atau orang tua agar segera ditindaklanjuti dan tidak berkembang lebih besar,” terangnya

Untuk itu, ia juga mengimbau kepada para pelajar agar tidak terlibat dalam komunitas atau geng motor yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban daerah kita (Muna Barat) dalam beraktivitas. Terutama menjaga anak-anak kita siswa – siswi yang sedang menuntut ilmu agar tetap berjalan dengan baik dan kondusif,” harapnya. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button