Metro Kendari

Pembangunan Patung Halu Oleo Senilai Rp2,6 Miliar Ditarget Rampung Desember 2024

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal membangun patung Halu Oleo senilai Rp2,6 miliar, bertempat di kawasan Bandar Udara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, Sultra.

Pembangunan patung pahlawan asal Sultra tersebut bakal menjadi ikon baru di Bumi Anoa dan lokasinya sangat strategis karena berada di kawasan bandara.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Martin Effendi Patulak mengatakan konstruksi yang bakal dibangun setinggi 3 meter untuk dudukan, dan 6 meter tinggi patung.

“Jadi dudukan patungnya itu 3 meter, sedangkan tinggi dari patungnya sendiri 6 meter, totalnya keseluruhan 9 meter,” katanya di ruangannya, Kamis (26/9/2024).

Lebih lanjut, pembangunan patung tersebut akan dimulai Oktober mendatang dengan diawali peletakan batu pertama. Sedangkan targetnya akan diselesaikan pada Desember 2024.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, La Liusu mengatakan jadwal pelaksanaanya dimulai sejak 29 Agustus sampai 26 Desember mendatang.

“Proyek pengerjaannya dikerjakan oleh CV Kapande Wonua dengan anggaran sebesar Rp2.639.392.780,” ungkapnya.

Dalam pembuatan patung tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengrajin patung di Jawa. Pengerjaannya pun akan lebih mudah jika dibandingkan dengan patung Oputa Yii Ko di Baubau.

Alasannya karena patung Halu Oleo dibuat dan akan didatangkan secara utuh di Sultra, mengingat ukurannya jauh lebih kecil dan bisa dimuat dikontainer.

“Kami usahakan November patung tersebut sudah tiba di sini, dan sudah terpasang, karena berdasarkan informasi pembuat patung bisa selesai dalam waktu tiga bulan, namun kita minta lebih cepat,” ungkapnya. (bds)

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button