Muna Barat

Dorong Semangat Literasi, Pemuda Mubar Ini Launching Komunitas Baca

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Rasmin Jaya seorang pemuda asal Desa Maperaha, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat membentuk komunitas baca bernama Jendela Pustaka Semesta. Hal ini untuk menciptakan semangat literasi yang mampu menyesuaikan dengan era digitalisasi dan modernisasi.

Komunitas tersebut dilaunching pada 25 Agustus 2024 dengan menghadirkan beberapa generasi muda, SMP dan SMA. Tak hanya launching, dalam kegiatan itu juga mereka membuka lapak baca sekaligus dialog.

Founder Pustaka Jendela Semesta Rasmin Jaya mengatakan, keinginannya membentuk dan membangun komunitas baca atas dasar dorongan kurangnya minat membaca mahasiswa, pemuda dan masyarakat dalam hal mengikuti perkembangan zaman yang serba modern dan digitalisasi.

Ia juga membeberkan, terlepas dari itu ia ingin memotivasi dan menginspirasi para siswa untuk tetap melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi agar mereka bisa bermanfaat untuk masyarakat dan daerah.

“Selama ini, kita bisa melihat fenomena di lapangan, pascalulus di SMA mereka langsung putus sekolah atau mencari orientasi pekerjaan padahal orang tua masih terbilang mampu untuk menanggung biaya pendidikan,” jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu (25/8/2024).

Ia juga menceritakan banyak alternatif untuk melanjutkan pendidikan, misalnya dengan adanya beasiswa dari kampus maupun pemerintah daerah sehingga ini harus terus didorong demi menciptakan generasi yang gemilang.

Ia juga mengharapakan kepada seluruh mahasiswa agar tetap menyosialisasikan pentingnya literasi dan pendidikan, agar ke depan bisa membangun daerah yang kita cintai.

Sebelumnya, pemuda Desa Maperaha ini pernah menggerakkan semangat literasi pada saat masih aktif bermahasiswa dan bertahan selama 4 tahun berjalan.

Selain bergerak di dunia literasi atau biasa di sebut perpustakaan jalanan, ia juga sering menggelar diskusi, melakukan latihan penulisan literasi media serta bergerak di jalanan melakukan demonstrasi dalam mengawal kebijakan pemerintah yang tidak prorakyat.

“Kami berharap, hadirnya komunitas baca Pustaka Jendela Semesta bisa memberikan manfaat dan warna baru untuk tumbuh kembangnya potensi Sumber Daya Manusia (SDM) sekarang ini, apa lagi nutrisi otak dan pikiran memang harus dibarengi dengan semangat baca yang besar. Karena kita bisa mengakses segala ilmu dan pengetahuan, baik tentang sosial, ekonomi, politik, kebudayaan maupun hal yang sedang aktual sekarang ini,” bebernya.

Ia juga berharap, pemerintah daerah bisa lebih melirik keberadaan komunitas dan kelompok yang bisa diajak berkolaborasi dalam kemajuan daerah.

“Inilah pentingnya hadirnya generasi muda di tengah masyarakat untuk saling memberikan subsidi pikiran, gagasan dan ide yang cemerlang untuk bisa mendorong kemajuan daerah dan kualitas sumber daya manusia ke depan,” ujarnya

Sementara Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Muna Barat, Alimran sangat merespons baik dengan hadirnya komunitas baca yang diselenggarakan oleh anak muda Muna Barat.

Bahkan ia akan membantu mengkomunikasikan kepada Kepala Dinas Perpustakaan Muna Barat.

“Nanti saya komunikasi, supaya bisa dimasukkan dalam program kerja sama dengan komunitas yang kita bentuk, Pustaka Jendela Semesta,” tutupnya. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button