Metro Kendari

Pemkot Kendari Gelar Lomba Cipta Menu B2SA, Upaya Sosialisasi Pangan Lokal

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Ketahanan Pangan Kendari melakukan lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal dan gerakan pangan murah bertempat di pelataran parkir Balai Kota Kendari, Selasa (13/08/2024).

Sekretaris Kota Kendari, Ridwansyah Taridala yang membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menyosialisasikan pangan lokal kepada masyarakat sekaligus untuk mencegah terjadinya stunting. Mengingat ada nilai gizi yang diperhitungkan dalam makanan itu.

“Selain itu, pangan lokal sudah menjadi asing di kalangan anak muda sekarang di tengah banyaknya makanan siap saji,” tutur dia.

Sosialisasi pangan lokal kepada masyarakat sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya Pemkot Kendari memiliki program Sikato yakni Sinonggi, Kasuami, Kambose dan Kabuto. Namun kali ini dikemas dalam bentuk lomba yang diikuti oleh seluruh kecamatan di Kota Kendari.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kendari, Abdul Rauf menuturkan, dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI, Dinas Ketahanan Pangan ingin ambil peran dengan mengadakan lomba cipta menu B2SA berbasis pangan lokal dan gerakan pangan murah, berharap ini bisa memberi kebahagiaan kepada masyarakat Kota Kendari.

“Lomba B2SA ini diikuti 11 kecamatan se Kota Kendari, tujuannya ialah mengingat ke depan harga pangan khususnya beras semakin tidak stabil karena berbagai faktor. Sehingga Pemkot Kendari melalui Dinas Ketahanan Pangan Kendari menggelorakan pangan lokal,” jelasnya.

Diketahui, pada lomba B2SA peserta tidak menggunakan beras tetapi dari ubi-ubian, jagung hingga sagu. Selanjutnya diolah sekreatif mungkin oleh peserta. (bds)

Reporter: Septiana Syam
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button