Muna

Pilkada Muna: Survei Rajiun Lebih Unggul dari Petahana

Dengarkan

MUNA, DETIKSULTRA.COM– ElektabilitasPasangan Calon (Paslon) Bupati L.M Rajiun Tumada-H. La Pili lebih unggul dibanding Petahana L.M Rusman Emba-Bachrun La Buta di Pilkada Muna.

Survei tersebut dirilis oleh Barometer Suara Indonesia (BSI) dimana elektabilitas paslon akronim RaPi itu mencapai 42,50 persen sedang paslon Rusman-Bachrun hanya sampai 36,36 persen sisahnya 21,14 persen belum menentukan pilihan (swing voters).

Direktur Eksekutif BSI, Baso Affandi menuturkan jika pihaknya sejak Januari beberapa kali melakukan survei nama Rusman Emba unggul dari lainnya.

Namun keadaan tersebut berubah saat survei di bulan Agustus dan November dikala peta dukungan terjadi perubahan ketika pasangan Rajiun-La Pili beredar kabar tak dapat kendaraan parpol pengusung.

“Begitu resmi mendapatkan parpol pengusung para pendukung inilah yang membuat terjadinya turbulensi arus dukungan petahana,” jelas Baso.

Berdasarkan survei terbaru ini, BSI melibatkan 440 koresponden dengan menggunakan metode sampling multistag random dengan nilai toleransi error kurang lebih 4,8 persen.

“Collecting data dilapangan sejak 18 November hingga 21 November 2020, menggunakan cara wawancara dengan tatap muka langsung dan kuisioner. Mekanisme survei seperti ini bisa dipastikan semua populasi pemilih di Muna memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai responden,” terangnya.

Sebelum mengukur tingkat elektabilitas, terlebih dahulu pihaknya mengukur tingkat keterkenalan dan kesukaan masing-masing paslon.

Pada tingkat keterkenalan, dapat dipastikan kedua paslon di Muna dikenal oleh masyarakat lebih dari 90 persen.

“Intinya, strategi dari masing-masing paslonlah yang akan menentukan siapa yang bakal dipilih mayoritas warga Muna. Utamanya persoalan track record, program yang akan dilakukan dan mau dikemanakan Muna jika mereka diamanahkan menjadi pemimpin,” ungkap Baso.

Hal itu seperti lazimnya pada pengalaman kami dilapangan bahwa kecenderungan pemilih mengambang akan memberikan hak suaranya adalah dimana kekuatan yang terbesar yang punya potensi menang atau akan berpihak pada pasangan penantang,” terang Baso.

“Maka dapat dipastikan paslon RAPI yang bakal memenangkan kontestasi di Muna,” katanya.

“Kami juga ingin menyampaikan agar berkompetisi yang sehat dan kiranya pesta demokrasi kali ini menjadi ajang memilih pemimpin dengan jujur dan adil,” tambah Baso.

Reporter: Abd Rasyid S
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button