Metro Kendari

Kenalkan ATENSI-LU, Loka Lansia Minaula Kendari Adakan Penguatan Fungsi dan Peran LKS-LU

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Loka Lansia Minaula Kendari sebagai salah satu unit pelaksana teknis (UPT) milik Kemensos RI di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial kembali mengadakan kegiatan penguatan fungsi dan peran lembaga kesejahteraan sosial lanjut usia (LKS-LU).

Pelaksanaan kegiatan ini gelar di empat LKS-LU berbeda, yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Pertama di LKS-LU Darul Madinah Al Munawwaroh Kabupaten Bombana (Pusaka 19), Butuni Assalam Kabupaten Buton (Pusaka 22), La Dundu Care Kabupaten Buton Tengah (Pusaka 26), dan Radza Insan Permata Kabupaten Buton Tengah (Pusaka 27).

Kepala Loka Lansia Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan bentuk kegiatan merupakan sosialisasi implementasi pelaksanaan program ATENSI-LU kepada LKS-LU terkait dengan layanan rehabilitasi sosial menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, atau residensial. Selain itu, dilaksanakan juga Kegiatan tindak lanjut monitoring dan evaluasi bantuan sosial (Bansos) bagi Lansia.

“Kita perlu melakukan percepatan pelaksanaan ATENSI LU, tidak harus menunggu tahun depan, hal ini telah menjadi arahan dari Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos RI,” ujar dia, Minggu (22/11/2020).

“Kami juga berkomitmen untuk melaksanakan ATENSI-LU dengan sungguh-sungguh, karena itu kami langsung melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan seluruh stakeholder terutama LKS-LU,” sambungnya.

Sementara itu, Jasman selaku Pekerja Sosial selain menjelaskan terkait dengan pendekatan dan kegiatan dalam Program ATENSI-LU, juga memberikan arahan kepada LKS-LU untuk senantiasa mengembangkan LKS-LU. Salah satunya bermitra dengan stakeholder atau mitra lainnya.

Disamping itu, tambah dia tim dari Loka Lansia Minaula Kendari juga memeriksa laporan pertanggungjawaban dan dokumentasi program Bansos Lansia yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Laporan pertanggung jawaban dan dokumentasi tersebut merupakan bukti tertulis terkait kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh LKS-LU,” pungkas Jasman.

Sebagai informasi, diwaktu yang bersamaan, keempat LKS-LU sedang dilakukan visitasi oleh tim Asesor dari badan akreditasi lembaga kesejahteraan sosial (BALKS), terkait asesmen akreditasi LKS.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, tim Loka Lansia Minaula Kendari juga sekaligus melakukan pendampingan dan penguatan kepada LKS-LU dalam proses visitasi tersebut.

Sehingga besar harapan, setiap LKS-LU yang ada di seluruh Indonesia telah terakreditasi dan menjadi LKS-LU yang berkembang serta mandiri.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button