Kesehatan

Kemenag Sultra Bangga, Rumah Ibadah Konsisten Terapkan Prokes Covid-19

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sultra, Fesal Musaad, gencar mengampanyekan protokol kesehatan (Prokes)ditempat-tempat ibadah di Wilayah Sultra. Pihaknya menguatkan koordinasi dengan pihak kemenag kabupaten dan kota dalam mengedukasi masyarakat terkait disiplin protokolkesehatan untuk cegah penularan Covid-19.

Kampanye protokol kesehatan melibatkan para tokoh agama di 17 kabupaten,termasuk lembaga/ormas kegamaan yang ada di Sultra.

Mantan Kakanwil Kemenag Maluku ini bangga, sebab edukasi disiplin protokol kesehatan selama ini bersama unsur pemerintah lainnyaberjalan lancar. Sampai saat ini, masyarakat sudah paham dan terbiasa menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan mereka , termasuk sampai pada urusan ritual suci ditempat ibadahnya masing-masing.

Di masjid-masjid di Sultra misalnya, rata – rata jemaahnya sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dengan menjalankan ibadah salat dengan mengenakan masker, dan memberlakukan jaga jarak antar jemaah dalam saf-saf ketika salat.

“Begitu juga dengan Umat Kristiani, Hindu, dan Budha juga menerapkan protokol kesehatan yang sama untuk cegah penularan covid-19,” ujar Fesal Musaad saat ditemui diruang kerjanya,(6/10/2020).

Edukasi Protokol kesehatan yang dijalankan Kementrian Agama Sultra, juga merembes kepada seluruh pegawai di Kantor Kemenag Provinsi,bahkan pada pelaksanaan program dan pertemuan-pertemuan keagamaan ditempat lain.

Misalnya, pada pelaksanaan bimbingan tehnis penceramah se-sultra, kakanwil mewajibkan seluruh pesertanyawajib mengenakan masker, cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan menerapkan jaga jarakdalam ruangan.

“Jadi protokol kesehatan ini sudah diterapkan sampai pada kegiatanprogram kemenag sendiri, wajib itu, karena seluruh pihak termasuk kami harus terapkan prokes untuk cegah penularan corona,” tukasnya.

Reporter: Dahlan
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button