Konawe SelatanPolitik

Ini Alasan Warga Kecamatan Lalembuu Pilih Surunuddin – Rasyid

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel), tercatat sekitar 203.339 orang terdaftar sebagai pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ratusan ribu wajib pilih itu nantinya yang akan menentukan ke tiga calon bupati dan wakil bupati, Surunuddin Dangga – Rasyid, Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae, dan Muhamad Endang – Wahyu Ade Pratama Imran memenangkan kontestasi Pilakda tahun ini.

Berkaca dari hasil survey beberapa lembaga, pasangan petahana Surunuddin Dangga – Rasyid masih masih unggul atas dua pesaingnya yakni Muhamad Endang-Wahyu, dan Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae.

Sebagian besar masyarakat masih menginginkan Surunuddin – Rasyid memimpin Konsel untuk periode 2021-2026. Alasan warga pun bermacam-macam.

Salah satunya, Darmawansah warga Kelurahan Atari Indah, Kecamatan Lalembuu. Dia mengatakan, alasan dirinya memilih pasangan petahana ini, karena ia menilai di periode pertamanya, Surunuddin Dangga berhasil menjalankan tugasnya sebagai bupati.

Dikemukakannya, keberhasilan yang paling menonjol dilakukan Surunuddin yakni membangun sejumlah infrastruktur, mulai dari jalan beraspal maupun jembatan.

Misal di Kecamatan Lalembuu dan Kecamatan Basala. Katanya, sejak 2003 Konsel berdiri sebagai daerah otonomi baru (DOB), dan telah melahirkan tiga periode bupati dan wakil bupati, baru di era Surunuddin Dangga Kecamatan Lalembuu baru teraspal.

Bahkan dia menilai dari beberapa kabupaten yang berstatus DOB, seperti Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut), dan lainnya, Konsel masih lebih unggul dari segi pembangunan infrastrukturnya.

Padahal jika meninjau dari sisi geografis, Konsel merupakan kabupaten dengan penduduk terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra), menyusul wilayahnya yang begitu luas.

Namun, dengan tangan dingin seorang Surunuddin Dangga mampu membangun Konsel secara merata, tanpa ada kecamatan yang di anak tirikan.

“Jalan kami sudah teraspal, dampaknya ke masyarakat petani. Kalau dulu hasil hasil tani kami kadang dibeli dari pengepul hanya sekian, karena ada biaya tambahan mengingat jalan rusak, namun sekarang tidak lagi,” ujar dia, Rabu (4/11/2020).

Sementara itu, Tarjo seorang warga Desa Sukamukti, Kecamatan Lalembuu menuturkan Konsel membutuhkan sosok pemimpin yang dapat merangkul semua suku. Mengingat Konsel merupakan miniatur Indonesia mini,

“Selama saya tinggal disini (Lalembuu) sebagai warga transmigrasi, tidak pernah ada mau cek cok antar suku. Ini berkat kepemimpinan pak Surunuddin yang mampu merangkul semua suku,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya bersama keluarga komitemen akan mendukung dan kembali memenangkan Paslon Surunuddin – Rasyid.

“Pasti, karena berkat beliau jalan dibangun, keamanan warga disini jadi tentram, dan kegiatan keagamaan berjalan sesuai kepercayaan masing-masing,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button