Metro Kendari

Tahun Ini Penyandang Disabilitas dan Lansia di Kendari Bakal Terima Bansos

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Masyarakat Kota Kendari yang memiliki kekurangan atau penyandang disabilitas serta lanjut usia (lansia) bakal segera menerima bantuan sosial (bansos) tahun ini.

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Kota Kendari Husni Mubaraq mengatakan, tahun ini Kota Kendari mendapatkan kuota sebanyak 75 orang penyandang disabilitas yakan menerima bantuan tunai yang sumber dananya berasal dari APBN Kementerian Sosial yang disalurkan melalui Sentra Meohai.

“Alhamdulillah untuk tahun ini, Kota Kendari mendapatkan bantuan dari dana APBN yang namanya bantuan atensi, itu sebanyak 75 orang untuk penyandang disabilitas, yang kedua melalui sumber dana APBD Provinsi Sulawesi Tenggara kita mendapatkan kuota sebanyak 500 orang lansia yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT),” ujar Husni Mubaraq, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/5/2023).

Husni Mubaraq menjelaskan, pihaknya sudah melakukan asesmen terhadap penerima tersebut, serta semua sudah sesuai dengan kategori sebagai penerima bantuan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada bantuan penyandang disabilitas terbagi atas dua hal yakni bantuan atensi bagi penyandang disabilitas yang berwirausaha dan tidak. Sehingga jumlah nominal bantuan yang akan diterima pun bakal berbeda.

“Bagi penyandang disabilitas yang memiliki usaha contohnya warung maka bakal menerima sekitar Rp2,4 juta sedangkan untuk yang tidak memiliki usaha bakal diberi bantuan antara Rp1 juta hingga Rp1,3 juta,” jelasnya.

Kemudian untuk BLT lansia yakni Rp250.000 per bulan dan bakal menerima sebanyak 4 bulan sehingga total yang diterima sebesar Rp1 juta.

Mengenai kapan penerima akan menerima bantuan, ia menuturkan, pihaknya masih menunggu surat dari kementerian terkait pencairan dana APBN untuk bantuan penyandang disabilitas serta sisa menunggu realisasi dari Provinsi Sultra kapan akan diserahkan kepada para lansia.

“Jadi untuk penyalurannya sendiri itu langsung ke rekening penerima, nah ini yang belum dikonfirmasi melalui bank apa, kalau untuk APBN penyandang disabilitas itu bisa jadi melalui, Bank Mandiri, BRI atau Kantor Pos kemudian untuk bantuan lansia antara Bank BPD atau Kantor Pos,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button