Baubau

Sembilan Komunitas di Baubau Gelar Donor Darah dan Bagikan Masker Khas Buton

S P E A K

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Sejumlah komunitas di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kegiatan sosial dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

Kegiatan sosial itu berupa aksi donor darah dengan merujuk tema “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri”. Dimana aksi peduli sesama ini, mulai dilaksanakan sejak tanggal 20 – 28 Oktober 2020, di UTD PMI Kota Baubau.

Alhasil, donor itu berhasil dikumpulkan sebanyak 33 kantong, yang diikuti 59 peserta dari enam komunitas Bold Riders yakni, NRFC Baubau, SSFC Baubau, Blanksack Baubau, Pasarwajo King Community, YMIC Baubau, dan Scoopy Baubau, serta tiga komunitas lainnua seperti Cromwell ESport, FF Region Baubau, dan Gunfeleu Squad.

Usai melaksanakan donor darah, Kordinator acara, Jemmy Rondonowu pihaknya ke kembali menggelar kegiatan bagi-bagi masker khas Buton, sebanyak 300 masker dengan menyasar pengguna jalan.

“Teman-teman komunitas membeli masker-masker tersebut langsung dari perajin. Jadi masker yang dibagikan terbuat dari sarung tenun khas Buton. Dengan demikian, teman-teman komunitas juga berperan ikut membantu perekonomian para perajin,” ujar dia, Jumat (30/10/2020).

Menurutnya, masker sangat dibutuhkan karena penerapan protokol kesehatan di Kota Baubau sangat ketat. Bahkan warga yang tidak mengenakan masker bisa terkena denda dan sanksi sosial.

“Kami ingin mengajak warga disiplin dan patuh mengenakan masker saat beraktivitas. Hal tersebut penting karena merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran COVID-19,” imbuhnya.

Sebagai informasi, donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah.

“Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button