Politik

Survei PPI Sebut Irham Kalenggo Tokoh Berpengaruh di Konsel Dibanding Arsalim

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Parameter Publik Indonesia kembali membuka data survei terbarunya di Pilkada Konsel. Kali ini, data survei yang dibuka yakni terkait dengan pengaruh elektoral Irham Kalenggo pasca ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Surunuddin Dangga-Rasyid (SUARA).

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, Ras Md mengatakan posisi Irham Kalenggo yang dulunya sebagai bakal calon bupati, dengan posisi saat ini tentu punya nilai berbeda dimata publik. Bukan lagi soal elektabilitas, tapi soal pengaruh.

Ia menjelaskan bahwa, pengaruh elektoral Irham Kalenggo sangat baik. Bahkan ia tergolong tokoh berpengaruh di Konsel. Angkanya mencapai 15,20 persen.

“Ya, Irham Kalenggo itu dinilai sebagai tokoh berpengaruh di Konsel melampaui pengaruh Arsalim yang hanya 1,80 persen. Bahkan sebaran pengaruh Irham hampir merata di semua segmen pemilih. Baik profesi, pendidikan, usia, etnis dan teritori,” terangnya.

Nah, lanjut Ras, jika pengaruh Irham di konversi menjadi dukungan di salah satu kandidat, tentu menjadi keberkahan tersendiri bagi pasangan kandidat tersebut. 

“DPT (Daftar Pemilih Tetap) Konsel kan kurang lebih 203.000 pemilih. Berarti kurang lebih 30.000 pemilih yang mudah dipengaruhi Irham. Itu angka yang cukup besar,” jelasnya.

Namun, Ras Md menambahkan, jika mengkonversi pengaruh menjadi suara, dibutuhkan kerja-kerja serius. Himbauannya, sang tokoh harus turun langsung ke grassroad  menyapa masyarakat. 

“Tak cukup hanya nama saja, tapi figur tokohnya pun harus turun langsung. Jika itu tidak dilakukan, tentu nilai elektoralnya tidaklah besar ke pasangan kandidat yang ia dukung,” kunci Ras.

Diketahui, Irham Kalenggo yang dulu sempat ikut bertarung dalam perburuan partai politik pengusung pada Pilkada Konsel, akhirnya kandas. Irham Kalenggo harus legowo menerima keputusan DPP Partai Golkar lantaran Golkar memberikan rekomendasi ditangan sang petahana yang juga senior Irham Kalenggo di Golkar H. Surunuddin Dangga.

Karena kemapanannya dalam dunia politik, Irham pun patuh dengan keputusan Partai Golkar dan memutuskan all out mendukung pasangan petahana Surunuddin Dangga-Rasyid dan menerima mandat sebagai Ketua Tim Pemenangan SUARA 2020.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button