organisasiSosial

Sumpah Pemuda: Kwarda Sultra Bentuk Satgas Pramuka Peduli Covid-19

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kwarda Sulawesi Tenggara (Sultra) memperingati hari Sumpah Pemuda dan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana, Rabu, (28/10/2020).

Dalam pelaksanaan upacara, Ketua Kwartir Daerah Sultra, H. Irawan Laliansa bertindak sebagai Pembina upacara.

Ketua Kwartir Daerah Sultra, H. Irawan Laliansa, mengatakan peringatan sumpah pemuda dalam gerakan pramuka merupakan hal rutin yang dilakukan dalam pendidikan pramuka.

Katanya, ada beberapa hal yang mengandung nilai dalam upacara, yang mana sepanjang sejarah Kwarda Sultra baru tahun ini memperingati hari Sumpah Pemuda bersamaan kegiatan kesiapsiagaan Pramuka peduli dalam penanggulangan bencana Covid-19.

“Ini kebijakan kwartir nasional yang mana seluruh kwartir daerah melakukan upacara, Walaupun ini menjadi sejarah dalam memperingati kegiatan ini, namun dalam memperingati sesuatu bukan hanya seremoni akan tetapi bagaimana kita dapat mengevaluasi sampai mana peran kita hari ini dan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda, ia menghimbau Kwarda Sultra agar berperan aktif secara lahir batin.

“Untuk anak muda agar kiranya tidak hanya berperan dalam bentuk ucapan akan tetapi harus bisa berperan secara lahir batin yang bisa dirasakan dan bermanfaat langsung pada masyarakat,” imbuhnya.

Selanjutnya dalam pembentukan Satgas Pramuka Peduli penanggulangan Covid-19 juga bekerja sama dengan gugus tugas Provinsi Sultra.

Selain itu, ada penanggulangan bencana Kwarda Sultra juga memfokuskan bukan hanya pada bencana Covid-19, akan tetapi akan ada penanggulangan yang lain seperti bencana alam dan bencana sosial.

Untuk relawan penanggulanggan yang terbentuk harus terdaftar di pusat baik secara individu maupun lembaga dalam gerakan Pramuka.

Selama Pandemi, kata Irawan, Kwarda Sultra telah melakukan tindakan yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kendari berupa pembagian masker, pembagian sembako, dan penyemprotan disinfektan.

Ketua Satgas Kwarda Sultra, Entis Sutisna, menambahkan Selain penanggulan Covid, Kwarda Sultra juga telah membentuk beberapa unit satgas diantaranya penanggulangan bencana dan sosial.

“Harapan saya, relawan ini tidak putus sampai penanggulangan bencana Covid-19 saja karena kemungkinan kita tau ada bencana lain, sehingga dengan masih terbentuknya tim peduli ini kita akan arahkan,” paparnya.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button