Metro Kendari

Dijadwalkan Hadiri HPN 2022 di Kendari, Berikut Deretan Kehadiran Jokowi 3 Tahun Terakhir di Sultra

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Hari Pers Nasional (HPN) digelar di Kota Kendari, Provinisi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 9 Ferbuari 2022 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menteri, duta besar, dan para tokoh pers nasional direncanakan hadiri perhelatan HPN 2022 di Kendari ini.

Sama seperti peringatan HPN tahun-tahun sebelumnya, yang selalu dihadiri oleh Presiden dan para tamu kehormatan.

Sebelum acara puncak, Presiden akan melakukan pencanangan gerakan nasional rehabilitasi mangrove di pesisir Teluk Kendari.

Sehari sebelumnya, Presiden juga dijadwalkan akan melepasliar hewan endemik Sultra yaitu anoa, juga rusa dan kakatua di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Wacana ini baru bersifat sementara. Ihwal kehadiran Presiden Jokowi bisa saja batal apabila ada agenda penting yang sifatnya mendesak dan lebih penting.

Namun, jika Presiden Jokowi benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Kendari dalam semarak HPN 2022 maka dalam kurun waktu tiga tahun terkahir ini orang nomor wahid di negara ini bisa dikatakan paling rajin ke Sultra.

Februari 2019 lalu, Jokowi berkunjung ke Sultra dengan agenda dua hari. Waktu itu ia menggelar jalan santai bersama warga Kota Kendari.

Setelah itu, ia meninjau tempat pelelangan ikan (TPI) Kendari sekaligus menyerahkan bantuan kepada 700 nelayan.

Kemudian dilanjutkan dengan pancangan tapal batas kepemilikan tanah serta pembagian sertifikat tanah ke masyarakat yang tersebar dari beberapa kabupaten di Sultra.

Setahun setelah berkunjung dengan agenda kunjungan kerja (Kunker). Jokowi kembali menyambangi Sultra pada Oktober 2020 lalu.

Disini, Jokowi lebih dulu meresmikan pabrik gula PT Jhonlin yang berlokasi di Desa Wuwumbangka, Kecamatan Rarowuta Utara, Kabupaten Bombana.

Lepas meresmikan pabrik gula milik H. Zam, Presiden bertolak ke Kendari dengan agenda selanjutnya meresmikan Jembatan Bahtremas yang kini berganti nama Jembatan Teluk Kendari.

Terakhir, Desember 2021 kemarin, Jokowi bersama rombongan meresmikan Smelter ore nikel milik PT Virtu Dragon Nickel Industri (VDNI), di Morosi, Kabupaten Konawe.

Setelah itu, Jokowi kembali meresmikan Bendungan Ladongi, di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). (ads*)

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button