Konawe Selatan

Temui APDESI Konsel, Wakil Ketua DPR RI Dorong Sektor Pertanian di Pedesaan

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Rachmad Gobel berkunjung di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam kunjungannya, Rachmad Gobel menggelar pertemuan dengan asosiasi perangkat desa seluruh Indonesia (APDESI) Konawe Selatan (Konsel) di salah satu hotel di Kendari, Senin (26/10/2020) kemarin.

Rachman Gobel mengatakan kunjungan kerja (Kunker) kali ini dalan rangka ingin mendengar keluhan kepala desa dan para petani, terkait masalah pertanian.

Sebab menurut dia, di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), setiap daerah, bahkan negara dituntut untuk menjaga stabilitas perekonomian.

Dikala hampir semua sektor lumpuh akibat wabah Covid-19, sektor pertanian menjadi salah satu sektor penunjang untuk menjaga stabilitas perekonomian.

Oleh karena itu, beber Rachmad Gobel potensi sektor pertanian harus di maksimalkan oleh para petani di desa, khususnya masyarakat Konsel.

“Kunjungan saya di Kendari, tidak lain ingin melihat dan mendengarkan langsung kekuatan di daerah Konsel ini, karena kekuatan kita itu bukan hanya di tambang. Tetapi ada pada sektor pertanian, itu yang harus kita dorong,” ujar dia.

Lebih lanjut politisi Partai NasDem ini mengatakan, untuk membangun desa memang perlu investasi banyak. Tapi bagi dia, dengan memiliki lahan, kemudian dimanfaatkan secara maksimal pada sektor pertanian, masyarakat sudah berperan andil membangun desa, dan menjaga perekonomian daerah.

Namun tambah dia, persoalan yang dihadapi para petani yakni ketersediaan pupuk subsidi maupun bantuan dari pemerintah. Boleh jadi pemerintah sudah menganggarkan, tetapi dalam penyalurannya, pupuk itu kadang tidak sampai kepada petani.

“Tentu ini yang akan menjadi perhatian ketika saya bahas dengan pemerintah pusat,” tukasnya.

Sebagai informasi, usai kegiatan Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel menyerahkan bantuan pupuk sebanyak 1 ton untuk para petani di Konsel.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button