HeadlineMetro kendariPemerintahan

Resmikan Jembatan Teluk Kendari, Jokowi: Ini Icon Baru Sultra

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Jembatan Teluk Kendari yang didampingi Gubenrur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, Kamis (22/10/2020).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan proyek pengerjaan Jembatan Teluk Kendari ini membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikan konstruksinya.

Dimana dalam proses pembangunannya, jembatan yang di didaulat sebagai jembatan terpanjang ke tiga di Indonesia dan jembatan terpanjang di Indonesia bagian Timur ini, menghabiskan anggaran kurang lebih Rp800 miliar.

“Jembatan ini akan menjadi icon baru buat Provinsi Sultra,” kata dia.

Sehingga dia berharap, Kehadiran Jembatan Teluk Kendari di Provinsi Sultra, akan berdampak positif bagi pengembangan Kota Kendari terutama di bagian selatan kota.

Dengan dibangunannya Jembatan Teluk Kendari tersebut, akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar terutama sebagai penunjang sistem jaringan jalan yang ada.

“Manfaat ekonomi akan turut dirasakan masyarakat dengan proses pembangunannya yang panjang,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perseroan, Novel Arsyad mengatakan Jembatan Teluk Kendari ini memiliki panjang bangunan
dengan total 1.348 (seribu tiga ratus empat puluh delapan) meter.

Lalu jembatan tersebut memiliki empat lajur dengan total lebar jembatan 20 meter. Jembatan dengan tipe cable stayed ini memiliki lingkup pekerjaan konstruksi, antara lain, pembangunan jalan pendekat atau oprit (602,5 m), approach span (357,7 m), side span (180 m), bentang utama atau main span (200 m).

Sehingga kata dia, jembatan yang melintasi Teluk Kendari ini sangat ditunggu kehadirannya oleh masyarakat Sultra, karena akan mempermudah akses masyarakat sekitar yang berada di Kawasan Kota Lama dan Poasia yang selama ini dipisahkan oleh Teluk.

Selain mendukung konektivitas, kehadiran jembatan tersebut dapat mendukung kawasan industri Kendari New Port dan pelabuhan Bungkutoko serta menunjang percepatan wisata bahari.

“Perseroan sangat bangga sekali dapat terus dipercaya oleh Kementerian PUPR untuk membangun Jembatan Teluk Kendari dan menyelesaikan pembangunan
tersebut tepat waktu,” katanya.

“Perseroan berharap dapat terus diberikan kepercayaan oleh Pemerintah untuk mengerjakan pembangunan infrastruktur di seluruh penjuru Indonesia,” tutup dia.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button