Metro Kendari

Dukcapil Terapkan 3M pada Layanan Dokumen Kependudukan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pandemi Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra), tak kunjung terkendali. Kasus demi kasus positif terus bermunculan, sehingga terus menambah daftar positif di Sultra yang kini sudah diangka 3000-an.

Kota Kendari, jadi salah satu daerah di Sultra dengan tingkat penularan corona cukup tinggi. Pemerintah Kota Kendari pun gencar menggalakkan kampanye tangkal virus corona di masyarakat, tak terkecuali di lingkungan kantor pelayanan publik.

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari, salah satu instansi di Kendari yang cukup serius menangkal penularan corona.

Di kantor layanan publik ini, setiap pengunjung yang datang mengurus dokumen kependudukan wajib ikuti protokol kesehatan dengan wajib mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Wadah cuci tangan selalu tersedia di depan kantor. Masyarakat yang datang, lebih dulu cuci tangan sebelum memasuki kantor untuk pelayanan dokumen kependudukan.

Sekretaris Dukcapil Kota Kendari, Sulkarnain mengatakan, selama pandemi Covid-19 pihaknya cukup konsisten menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Loket pelayanan di Dukcapil sudah dipasangan plastik pelindung sebagai pembatas jarak dan komunikasi antara pegawai dan masyarakat.

“Kami sudah melaksanakan Protokol Covid-19 dengan menyediakan cuci tangan, menghimbau kepada masyarakat agar wajib memakai masker apabila berurusan dan tetap menjaga jarak,” ujarnya.

Pejabat Dukcapil tidak hanya mengkampanyekan protokol kesehatan, tetapi turut mengimbau seluruh pegawai meningkatkan imunitas dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin.

Pihak Dukcapil kini menerapkan antrian sistem online dengan aplikasi JARI (Jaga Kendari), cara ini dilakukan juga sebagai antisipasi menangkal penularan corona pada klaster perkantoran.

“Selain memudahkan pelayanan pengurusan dokumen juga terpenting mencegah penularan corona di Dukcapil,” tutupnya.

Reporter: Dahlan
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button