Metro Kendari

Pembukaan Kedua MTU, Kepala BLK Kendari Disambut Hangat Masyarakat

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari membuka tahab kedua kegiatan pelatihan Mobile Unit Training (MTU) atau Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Non Institusional di Balai Pertemuan Desa Oempu Kecamatan Tongkuna, Kabupaten muna, Sabtu (17/10/2020).

Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari disambut hangat masyarakat Desa Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna, ketika membuka kegiatan pelatihan Mobile Unit Training (MTU).

Kepala (BLK) Kendari Dr. La Ode Haji Polondu mengatakan Desa Oempu Kecamatan Tongkuno memiliki banyak destinasi wisata, hingga dalam pelatihan pihaknya memberikan empat paket pelatihan dengan peserta sebanyak 64 orang, terdiri dari 16 peserta setiap paket.

“Jadi untuk Kabupaten Muna mendapatkan porsi empat paket berupa fitter struktur (Kejuruan Las) paket I, fitter struktur (Kejuruan Las) paket II, fitter struktur (Kejuruan Las) paket III serta pelatihan pembuatan roti dan kue,” jelasnya.

Lanjutnya, Ia menjelaskan dari 10 paket pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional yang tersedia se-Provinsi Sulawesi Tenggara pada Tahun Anggaran 2020 ini, Kabupaten Muna mendapatkan porsi empat paket yang sama dengan Kabupaten Buton Tengah.

“Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) melalui BLK Kendari memiliki kewajiban untuk menyiapkan tenaga kerja terampil sebagai langkah kongkrit menekan angka pengangguran. Hal inilah yang mendasari kami untuk selalu berbuat,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya sangat berharap kepada masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta pelatihan untuk sungguh-sungguh mengikuti proses pelatihan, sehingga kedepannya mampu berwirausaha secara mandiri dan dengan keterampilan itu Insya Allah dapat menolong dirinya atau keluarganya bahkan bisa menolong dan memberdayakan orang lain.

“Saya berharap semua peserta pelatihan PBK Non Institusional ini ke depan akan menjadi orang-orang sukses yang membanggakan dan untuk anak-anakku hingga seluruh peserta PBK yang menggunakan seragam sama dengan yang saya pakai (PDH BLK Kendari) akan selalu meningkatkan ketrampilannya diperoleh dari proses pelatihan, ini,” imbuhnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemenaker RI ini menegaskan, selalu mengajak para peserta pelatihan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, sebab pelatihan yang diselenggarakan saat ini masih ditengah wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sementara itu, Bupati Muna yang diwakili Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Muna, Fajaruddin Wunanto, sangat mengapresiasi kegiatan BLK Kendari dan akan memperhatikan seluruh peserta yang telah mengikuti pelatihan ini.

“Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan, kita juga mewakili Pemda Muna akan tetap memperhatikan para peserta terutama mengenai bantuan modal dalam berwirausaha mandiri sebagai pengembangan dan pengamalan ketrampilan yang diperoleh selama Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional ini,” tutupnya.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button