Metro Kendari

Empat Lantai Kantor Gubernur Sultra bakal Difungsikan Tahun Depan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal fungsikan empat lantai pembangunan gedung baru kantor Gubernur Sultra pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan gedung baru tersebut telah memasuki tahap kedua senilai Rp121 miliar. Sedangkan tahap satu, Pemprov Sultra telah menganggarkan pembangunan sebesar Rp27 miliar dari total Rp300 miliar.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra), Martin Effendi Patulak mengatakan, pembangunan gedung tersebut bertujuan untuk pusat aktivitas perkantoran agar lebih efektif dan efisien.

Martin menjelaskan total lantai bangunan yakni delapab lantai dan akan dirampungkan dari segi struktur bangunan pada akhir tahun 2023 ini.

“Semua kita selesaikan dari segi struktur bangunan, jadi tahun depan kita rencanakan akan fungsikan empat lantai dulu. Sedangkan sisanya tahun berikutnya lagi,” terangnya, Senin (18/12/2023).

Pada tahapan sebelumnya telah diselesaikan dari segi pondasi bangunan. Sedangkan tahapan kedua akan dibangun konstruksi bangunan dan belum sampai pada tahapan interior.

“Gedung baru ini diusung dengan fasilitas moderen. Harapannya agar bisa memberikan kenyamanan serta efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja pegawai khususnya pada lingkup Pemprov Sultra,” pungkasnya.

Sebagai informasi, gedung kantor baru tersebut semula direncanakan setinggi setinggi 112,6 meter dengan 23 lantai. Namun untuk efektivitas maka pembangunan hanya sampai delapan lantai.

Gedung ini dibangunan dengan mengusung konsep minimalis modern dengan luas lahan 14,7 hektar. Menggunakan teknik pembangunan sistem hidrolik atau injeksi. Sistem ini merupakan teknologi terbaru yang ramah lingkungan, sehingga tidak mengganggu segala aktivitas pemerintahan. Selain itu, terdapat sekitar 800 titik tiang pancang yang terpasang untuk menahan bangunan kantor baru ini. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button