Konawe Selatan

Pengaspalan Jalan di Buke Tertunda Akibat Covid-19, Surunuddin: Tahun Depan di Aspal

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tertunda, akibat bencana non alam atau wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Calon Bupati Konsel (Petahana), Surunuddin Dangga mengatakan pemerintah daerah (Pemda) tahun 2020 telah menganggarkan untuk pengaspalan di Kecamatan Buke.

Namun rencana itu harus pupus, karena adanya wabah Covid-19, sehingga sehingga anggaran pengaspalan jalan tersebut, tertunda.

“Kita sudah meyusun program pengaspalannya, tapi karena pandemi corona anggaran direfocusing atau dialihkan untuk penanganan wabah ini,” ujar dia, saat mengukuhkan tim relawan Surunuddin – Rasyid (SUARA) 2020 se – Kecamatan Buke, Rabu (15/10/2020).

Sehingga dia berharap, wabah Covid-19 ini segera berakhir dan perekonomian kembali pulih. Sebab, jika kondisi daerah sudah normal, maka program pengaspalan yang sudah direncanakan sebelumnya, akan dilanjutkan di tahun 2021 mendatang.

“Bila pandemi Covid-19 sudah berakhir, kondisi sudah stabil semua, maka jalan di Buke sampai Benua diaspal,” tegasnya.

Jadi ia kembali menegaskan, apabila ada isu yang mengatakan dirinya tidak bekerja selama menjadi Bupati Konsel periode 2016-2021, dan hanya sebatas janji politik, itu tidak benar.

Meski dia mengakuinya, bahwa masih ada beberapa yang memang belum direalisasikannya. Namun perlu diingat, tambah Surunuddin dengan jangka waktu lima tahun, belum cukup bagi dia untuk merealisasikan semua programnya.

Makanya, untuk merealisasikan dan menuntaskan semua programnya, dia meminta kepada seluruh relawan dan simpatisan, dan seluruh masyarakat Konsel kembali memenangkan pasangan berakronim SUARA 2020 ini.

“Membangun dengan wilayah seluas ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan itu bukan hanya di Konsel saja, tetapi hampir semua di daerah,” beber dia.

“Oleh karena itu, kami (SUARA 2020), membutuhkan dukungan bapak/ibu, supaya saya dapat kembali memenangkan Pilkada, dan dapat menuntaskan apa yang belum saya tuntaskan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Relawan SUARA 2020, Irham Kalenggo mengatakan, meskipun sebagian ruas jalan di Kecamatan Buke belum diaspal, tapi kondisi jalannya sudah bagus dan layak dilalui kendaraan.

“Di Laonti, warga di sana harus naik katinting jika mau ke Kendari. Tapi sejak Pak Surunuddin jadi bupati, sudah 50 Kilometer jalan yang dibangun meskipun kondisinya baru sekitar 70 persen. Makanya

Dengan demikian, Irham berharap agar masyarakat Kecamatan Buke tidak berkecil hati, bila kondisi jalannya saat ini belum diaspal.

“Supaya jalan di sini cepat diaspal, maka pilih nomor dua, supaya pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya dapat dilanjutkan,” pungkasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button