Buton

La Bakry Penen Perdana Pala Banda

Dengarkan

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Bupati Buton, La Bakry, lakukan panen perdana Pala Banda di Desa Ambuau, Kecamatan Lasalimu Selatan, Buton.

Pala yang dipanen ditanam sejak tahun 2007 silam dan telah berbuah 5 kali sejak 2017 lalu.

“Pala disini (Desa Ambuau) cukup subur. Setengah hektar lahan dapat ditanam 400 pohon. Semua menghasilkan buah yang bagus,” kata Petani Pala, Lakulo.

Hasil panen lanjut Lakulo, masih di jual secara manual di Desa Ambuawu dengan harga jual perkilonya berkisar Rp50 ribu. Sedangkan bunganya dijual dengan harga berkisar Rp 110 ribu per Kilogram (Kg).

Bupati Buton, sangat menyambut baik keberhasilan para petani pala tersebut.

“Panen buah Pala di Sulawesi Tenggara yang perdana ini menunjukan bahwa di beberapa spot Kabupaten Buton itu sangat cocok untuk tanaman pala. Ini juga menunjukkan bahwa Buton seperti sejarah masa silam mempunyai rempah-rempah. Keberhasilan tanaman pala ini merupakan bukti sejarah itu. Meskipun ini merupakan penanaman yang dilakukan secara individu oleh masyarakat,” katanya.

Bupati juga berjanji akan membantu para petani, baik bibit maupun pemasaran untuk seluruh para petani di Kabupaten Buton yang memiliki lahan yang dianggap layak untuk ditanami pala.

“Panen kali ini menjadi pemicu bagi seluruh masyarakat ini. Ini juga sebagai bukti beberapa spot yang ada di Kabupaten Buton memiliki lahan yang cocok untuk tanaman Pala. Kedepannya masyarakat yang memiliki lahan cocok tidak perlu ragu menanam pala karena pasti mempunyai masa depan yang menjanjikan,” pungkasnya.

Reporter: Lhia
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button