Konawe Selatan

Dituding Jual Lahan ke Investor, SD: Saya Tidak Pernah Keluarkan IUP dan HGU

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Surunuddin Dangga (SD) tepis isu yang menuding dirinya telah melalukan eksploitasi atau menjual lahan masyarakat ke investor selama menjabat Bupati Konawe Selatan (Konsel) masa bhakti 2016-2021.

Menurut selama menjabat sebagai orang nomor satu di Konsel, dirinya tidak pernah mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Hak Guna Usaha (HGU).

Justru, lanjut mantan Ketua DPD II Golkar Konsel menuturkan IUP maupun HGU rata-rata diterbitkan mulai 2013, dan 2014 silam, sebelum menjabat sebagai bupati.

“Ada yang saya mau luruskan, ada isu-isu yang disampaikan kandidat lain, bahwa saya jual lahan masyarakat ke Investor. Jadi saya tegaskan, selama jadi bupati sya tidak pernah mengeluarkan IUP ataupun HGU,” katanya.

“Yang ada justru HGU lama, dan saya hanya menyelesaikan masalah-masalah yang ditimbulkan akibat penerbitan IUP atau HGU tersebut,” tambah Surunuddin.

Selain itu, sebagai calon petahana yang kembali maju di Pilkada 2020 ini, dirinya mengakui kandidat lain terus menyerang apa yang menjadi kekurangannya selama menjadi bupati.

Kekurangan itu, kemudian didistribusikan dan digaungkan di tengah masyarakat luas, untuk menjatuhkan dirinya di mata masyarakat.

“Banyak isu-isu yang mereka framing, mulai dari pinjaman dan honor aparat. Padahal dua isu itu akan terselesaikan akhir tahun ini. Dan tentu masih banyak isu yang kandidat lain gaungkan,” jelasnya.

Untuk itu, diminta kepada masyarakat Konsel, untuk cerdas dan teliti dalam mencerna apa yang disampaikan oleh kandidat lain.

“Masyarakat harus cerdas melihat, mana yang sudah berbuat, dan mana yang baru menghayal,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button