Metro Kendari

HMI Kendari Minta TNI Terlibat Amankan Demonstrasi

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) di tingkat Korem 143 Halu Oleo terlibat dalam mengawal seluruh agenda aksi dan kegiatan kedaerahan dalam menjamin terselenggaranya keamanan negara serta keamanan mahasiswa dalam melaksanakan aksi unjuk rasa.

Hal itu di sampaikan Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Kendari Sulkarnain, saat ditemui awak media, Jumat malam (9/10/2020).

Menurutnya, keadaan negara hari ini sedang tidak baik dengan berbagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) akibat dari aksi penolakan Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja dan unjuk rasa lainnya.

“Keadaan hari ini sedang kurang baik dengan berbagai pelanggaran HAM terhadap para aktivis mahasiswa saat aksi penolakan UU Omnibus Law,” kata dia.

Sulkarnain mengkhawatirkan dengan berbagai insiden kekerasan setiap terjadinya unjuk rasa. Akibatnya terjadi krisis kepercayaan terhadap pihak pengamanan yang dinilainya kurang akrab dengan para demonstran.

“Saya khawatir ini semakin kacau, karena ada krisis kepercayaan pada kelompok pengamanan yang justru selalu berbenturan dengan kami saat aksi,” tuturnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya mengharapkan keterlibatan TNI dalam setiap momentum unjuk rasa karena mereka merasa terlindungi saat unjuk rasa dan di kawal TNI.

“Kami rasa aman saja ketika aksi kemudian ikut di kawal pihak TNI,” akui Sulkarnain.

Sehingga dia berharap keterlibatan TNI bukan hanya pada momentum aksi penolakan Omnibus Law ini, namun termasuk persoalan lain yang berhubungan langsung dengan mahasiswa dan masyarakat.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button