Metro Kendari

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kendari Giat Pencegahan PMK

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pertanian Kota Kendari melakukan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kota Kendari jelang Idul Adha.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sahuriyanto Meronda mengungkapkan, PMK adalah salah satu penyakit hewan menular strategis yang harus diwaspadai dan dicegah. Karena bersifat akut dan dapat menyerang ternak, diantaranya sapi, kerbau dan kambing. Menurutnya, tingkat penularan penyakit ini mencapai 90-100 persen dan menimbulkan kerugian ekonomi tinggi.

“Dinas Pertanian telah melakukan upaya-upaya untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku melalui kegiatan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular kepada hewan ternak,” ujarnya, Selasa (6/6/2023).

Selain itu, ia juga mengungkapkan, ada beberapa pengendalian dan penanggulangan penyakit mulut dan kuku, dengan membentuk Tim Respon Cepat (TRC) pengendalian dan penanggulangan terhadap penyakit mulut dan kuku.

Tim respon cepat  yang dimaksud ini untuk melakukan pemantauan lalu lintas ternak yang masuk wilayah Kota Kendari, terutama yang potensial sebagai pembawa penyakit tersebut. Kedua, melakukan rapat-rapat koordinasi.

“Rapat koordinasi ini untuk menyebar informasi dan edukasi kepada masyarakat, imbauan vaksinasi PMK dan membentuk personel check point dalam rangka pengendalian penyakit mulut dan kuku di Kota Kendari,” tambahnya.

Untuk personel check point, terdiri dari personel gabungan Dinas Pertanian Kota Kendari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Polresta Kendari, Kodim dan Dinas Perhubungan Kota Kendari. (bds)

 

Reporter: Septiana Syam
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button