Metro Kendari

HKSN Manado 2020, Loka Minaula Kendari Serahkan Bantuan ATENSI ke Lansia

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Loka Lansia Minaula Kendari menghadiri perayaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2020 yang digelar di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (19/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Loka lansia Minaula Kendari turut menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk para Lansia.

Bertempat di Balai Netra “Tumotou” Manado, bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri Sosial Ad Interim RI, Muhadjir Effendy kepada perwakilan LKS-LU.

Masih di hari yang sama, Loka Lansia Minaula Kendari juga memberikan alat bantu aksesibilitas yang disalurkan kepada lansia binaan LKS-LU Damai dan Ina 2 Manado. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Loka Lansia Minaula Kendari, Syamsuddin.

Selain dari Loka Lansia Minaula, bantuan ATENSI juga datang dari Balai/Loka di lingkungan Kementerian Sosial lainnya, seperti Balai Disabilitas, Balai Anak, Balai HIV, Balai Napza dan Balai Lansia.

Dalam rilis yang diterima Detiksultra.com, Senin (20/12/2020), Syamsuddin mengatakan bahwa HKSN merupakan momentum membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya penghargaan kepada lansia.

Sebagai bentuk komitmennya, Loka Lansia Minaula Kendari juga akan terus berupaya untuk membangun kemitraan dan partisipasi masyarakat dalam melayani lansia, baik di komunitas maupun dalam keluarga.

“Sejak tahun 2019 sampai saat ini, kami telah berhasil mendorong terbentuknya lebih dari 100 LKS baru di 8 provinsi jangkauan, dan kami senantiasa melakukan pembinaan agar mereka mampu memberikan pelayanan yang profesional, terakreditasi dan memberikan dampak di masyarakat,” ucap diam

Ditanya peran LKS-LU, kata Syamsuddin telah sesuai dengan yang diharapkan, utamanya dalam memberikan layanan dan membangun kepedulian sosial di masyarakat. Teruntuk keberadaan LKS saat ini sangat dirasakan perannya, terlebih pada saat pandemi COVID-19 ini.

“Lansia merupakan kelompok umur yang rentan, sehingga harus ada edukasi yang sampai kepada lansia tentang cara pencegahannya. Selama ini LKS telah mampu menjalankan peran tersebut dengan sangat baik,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button