Kolaka Timur

Dinas Pangan Koltim Kuatkan Stok Pangan Masyarakat

S P E A K

KOLAKA TIMUR, DETIKSULTRA.COM – Dinas Pangan Kolaka Timur (Koltim), Idarwaty MM, memantau ketersediaan pangan, distribusi pangan, keamanan pangan dan konsumsi pangan lokal.

Idarwaty mengatakan, adanya wabah Covid-19 ini, sangat membantu masyarakat Koltim dalam membentuk satgas pangan. Kehadiran Satgas Pangan ternyata mampu menguatkan daya imun masyarakat guna menangkal wabah Covid-19 dan penyakit lainnya.

“Kami selalu ada laporan pendataan ke pusat, baik berapa jumlah stok pangan kita sembilan bahan pokok itu, kemudian bagaimana distribusinya dan juga keamanannya,” ujarnya Kamis (8/10/2020).

Idarwaty menyampaikan, disamping ini, pihaknya selalu mendampingi pengembangan pangan lokal yang ada di kabupaten koltim, juga dengan adanya program dari Bupati Koltim, Tony Herbiansyah, dalam pengembagan sorgum yang merupakan pangan, yang sangat mendukung dan gizinya sangat bagus untuk masyarakat.

“Tanaman sorgum budidayanya tidak terlalu susah dan produksinya bagus, pemasarannya juga menguntungkan dan mengandung gizi yang diperlukan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kementrian Pertanian memunculkan program Pertanian Pangan Lestari (PPL) yang bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang kosong, dan lahan pekarangan yang tidak produktif menjadi produktif untuk skala rumah tangga dan Ekonomi.

“Jadi sifat Pangan Lestari dia harus berkelanjutan apapun bentuknya masyarakat harus mengonsumsi pangan yang beragam, bergizi, berimbang dan aman buat kesehatan,” imbuhnya.

Reporter: Erik
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button