Kolaka TimurPolitik

Sekda Koltim Imbau ASN Netral di Pilkada

S P E A K

KOLAKA TIMUR, DETIKSULTRA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Eko Santoso Budiarto Sauala, mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah tersebut agar tetap konsisten dalam menjaga netralitasnya pada pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Koltim, yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Dikatakannya, dengan adanya SKB yang ditandatangani lima institusi yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan & RB), Kementrian Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), KSN dan Bawalsu, menekankan tentang netralitas ASN.

Eko Santoso Budiarto Sauala menjelaskan, sebelum adanya wabah Covid-19 hingga saat ini, dirinya selalu menyampaikan saat upacara, dalam rapat dan apel pagi, untuk tetap menjaga netralitas dan kredibilitas individu ASN, jangan sampai salah ucap dan berakibat fatal.

“Misalnya direkam oleh lawan politik figur yang dikampanyekan, dan pihak lain yang tidak sengaja kemudian dilaporkan ke Bawalsu,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/10/2020).

Ditambahkannya, jika seorang ASN ketahuan melibatkan diri dalam politik praktisi, dan pihak tertentu melaporkan hal itu ke Bawalsu, tentu akan merugikan bagi ASN itu sendiri. Sebab pihak Bawalsu akan merekomendasikan pelanggaran itu ke pejabat pembina kepegawaian (PPK), kemudian PKK tidak plmerespon maka pihak Bawalsu bisa menyampaikan ke KASN atau BKN.

“Ketika sampai ke ASN dan BKN kan sudah lain lagi cerita, banyak yang bisa dihambat. Seperti kenaikan pangkat kita yang diblok, kecuali ada sangsi yang dberikan ringan maupun berat atas pelangaran yang telah dilakukan,” ujarnya.

Parahnya lagi, lanjutnya, jika Paslon yang didukung dalam ketidaknetralnya bisa saja berdampak pada diskualifikasi Paslon.

“Saya hanya ingin melindungi para ASN secara struktural di bawah pembinaan dan pengendalian saya, selaku Sekertaris Daerah Koltim. Itulah yang saya sering sampaikan,” tambahnya.

Olehnya itu, ia mengajak ASN agar selalu mengerti dan paham tentang netralitas, dan senantiasa bersama-sama membangun Koltim dalam suasana yang damai, kondusif, aman dan netral dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Reporter: Erik
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button