Sultra Raya

Koltim Usul Ratusan Formasi CPNS dan PPPK ke Kemenpan RI

Dengarkan

KOLAKA TIMUR, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) mengusulkan 264 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan 172 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Koltim, Abraham mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengusulan pada September lalu.

Dia juga menambahkan, bahwa pihaknya hanya sebatas mengusulkan, dan pihak Kemenpan RB yang memiliki kewenangan untuk menentukan berapa kuota yang akan diberikan kepada Pemkab Koltim.

“Sebenarnya pengadaan formasi ini tahun 2020, karena adanya wabah Covid-19 sehingga pengadaan ini ditunda dan diadakan tahun 2021 mendatang,” katanya, Selasa (6/10/2020).

Abraham juga menjelaskan, pihaknya hanya memberikan fasilitas tetapi untuk penyelenggara semua dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kita menunggu seperti apa ketentuan atau keputusan pusat, kalau disampaikan harus begini kita harus ikut,” imbuhnya.

Abraham menambahkan, jika ditinjau dari aspek kebutuhan SDM di Pemda Koltim, jumlah yang diusulkan memang masih sangat jauh dari kata cukup, namun semua dilakukan secara bertahap hingga bisa tercukupi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Eko Santoso Budiarto Sauala mengungkapkan, pengusulan CPNS dan P3K itu sesuai dengan Perpres Nomor 98 Tahun 2020.

“Mengingat bahwa semua lokasi pengangaran gaji itukan pada saat mereka lulus seleksi itu menjadi tangung jawab daerah, sehinga yang kita usulkan otomatis untuk anggaran 2021 kita akan siapkan alokasinya, yang dicantumkan melalui Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah,” jelasnya.

Jadi, lanjutnya, pada prinsipnya Pemda menyiapkan sejumlah alokasi dana untuk melakukan rekrutmen terhadap PPPK dan CPNS untuk tahun 2021 mendatang.

“Yah, untuk sistem penggajian mereka (PPPK) ini kan pasti sesuai dengan ketentuan yang ada. Kita sudah persiapkan dananya, semua sudah kita perhitungkan didasarakan atas usulan, kita harus konsisten,” imbuhnya.

Reporter: Erik
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button