Ekobis

Harga Cabai Tembus Hingga 80 Ribu Rupiah Per Kilogram

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Harga cabai saat ini mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Berdasarkan pantauan di Pasar PKL, cabai rawit merah dijual Rp80 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp60 ribu, dan cabai merah keriting Rp60 ribu per kilogram.

Sementara di Pasar Panjang, harga cabai rawit merah bahkan mencapai Rp100 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp60 ribu dan cabai merah keriting Rp60 ribu per kilogramnya.

Adanya lonjakan harga tersebut membuat beberapa pedagang mengeluh. Selain berimbas pada menurunnya daya beli, ketersediaan stok cabai juga kurang.

Salah satu pedagang cabai, Musrikin mengatakan, kenaikan bahan utama sambal ini sudah terjadi satu pekan belakangan. Tidak hanya harga yang bergejolak, ia juga mengaku kerap kehabisan stok jika tidak cepat mengambil dari distributor.

“Kita juga jual mahal karena dari distributor kasihnya juga mahal, apalagi stoknya terbatas tentunya kami pedagang mesti cepat,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, seorang pedagang, Misnawati mengatakan, bukan hanya cabai, bumbu dapur lain seperti bawang bawang merah juga ikut melonjak.

“Harga bawang putih normal, harga bawang merah yang naik. Sebelumnya Rp50 ribu per kilo sekarang naik jadi Rp85 ribu,” ucapnya.  (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button