Metro Kendari

BLK Kendari Buka Enam Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Institusional Non Boarding

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi institusional non boarding pada tahap X dengan membuka enam jurusan dengan diikuti 96 peserta pelatihan.

Kegiatan pelatihan Tahap IX dibuka langsung Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu yang bertempat di Aula BLK Kendari Jumat (2/10/2020).

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu mengatakan, pada pelatihan tahap X membuka enam jurusan yang terdiri dari membuat roti paket II, kecantikan kulit dan rambut paket III, akutansi junior, SMAW 3G peket IV, pemrograman web II, Asisi pembuat pakaian VII.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di BLK Kendari ini menjelaskan pelatihan bisa menjadi tenaga kerja dengan berwirausaha secara mandiri maksudnya, dengan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, peserta dapat mewujudkan sesuai dengan tujuan BLK yakni mempersiapkan tenaga kerja terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

“Dengan kebutuhan di dunia usaha industri peserta lebih mandiri dengan berwirausaha secara mandiri, apabila mereka bisa mandiri Insya Allah bisa menolong dirinya dan bisa memberdayakan saudaranya yang lain,” ujarnya.

Mengingat saat ini pelatihan sudah memasuki tahap X namun, target untuk di tahun 2020 sisa empat paket, sesuai target BLK untuk pelatihan Kompetensi Institusional sampai dengan awal Desember.

“Jadi sejak awal tahun 2020 hingga pada bulan Desember nanti ini target secara keseluruhan yakni 2700 san orang,” jelasnya.

Mantan Kabag Umum Kementerian Ketenagakerjaan RI ini berharap kepada peserta yang mengikuti pelatihan agar tetap bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan.

Lanjutnya, dengan kegiatan pelatihan ini peserta yang dulunya datang di BLK belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki akan tetapi dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat mendapatkan pengetahuan yang terampil, berwirausaha secara mandiri serta mulai dari softskill, kecerdasan hingga sikap perilaku yang baik dan keterampilan yang berkompeten.

“Jadi ada empat yang dimiliki seseorang untuk mendatangkan sebuah kesuksesan yakni apabilah mereka memiliki Kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan sosial, Insya Allah bisa meraih adanya kesuksesan,” imbuhnya.

Sementara untuk peserta pelatihan yang sudah lulus pada pelatihan telah mendapatkan garansi kompetisi pada bidang masing-masing.

Selain itu, dalam pelatihan BLK Kendari terus mengimbau kepada seluruh peserta pelatihan dengan sungguh-sungguh mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker jaga jarak, selalu mencuci tangan serta sebelum masuk area BLK di cek suhu tubuh.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button