Metro Kendari

Makna Hari Kesaktian Pancasila ke-55 Bagi Gubernur Sultra

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo – Ma’ruf Amin menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke – 55 di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2020).

Dalam upacara peringatan tersebut, diselenggarakan secara Virtual yang turut diikuti oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Nur Endang Abbas, jajaran Forkopimda Sultra, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sultra, di Rujab Gubernur Sultra.

Tak lupa Ali Mazi bersama pejabat yang hadir mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke – 55 secara virtual itu, tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan menjaga jarak, dan mengunakan masker.

Usai mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 40 menit, Ali Mazi mengatakan sebagai ideologi resmi RI, Pancasila sudah melalui beragam ujian dan marwahnya tetap kokoh.

“Semangat Pancasila ini juga harus dapat memperkuat perjuangan kita melawan dan mengakhiri pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke – 55, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo didaulat sebagai pembaca teks Pancasila.

Sementara teks pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 dibacakan Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti, serta Ketua DPR RI, Puan Maharani membacakan dan menandatangani ikrar, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy membacakan doa.

Adapun naskah ikrar yang dibacakan Puan Maharani berbunyi “Kami yang melaksanakan upacara ini menyadari sepenuhnya Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 pada kenyatannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rongrongan tersebut dimungkinkan karena kurang waspadanya bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara”.

“Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI, maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila kami bulatkan tekad untuk pertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI”.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button